Blak-blakan, Ini Pesan Menparekraf dan Gubernur Riau untuk Mahasiswa Baru Unilak

Redaksi Redaksi
Blak-blakan, Ini Pesan Menparekraf dan Gubernur Riau untuk Mahasiswa Baru Unilak
istimewa

PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru telah resmi memulai pembelajaran akademik tahun 2021/2022. Kegiatan diawali dengan pengenalan sistem informasi akademik mahasiswa baru yang dimulai secara hybrid, pada Sabtu (2/1/2021).

Pengenalan sistem informasi akademik mahasiswa diikuti oleh mahasiswa baru lebih dari 2.050 mahasiswa. Konsep acaranya menggabungkan antara pertemuan online dan pertemuan offline

Wakil Rektor I Unilak, Zamzami, mengaku ada yang berbeda pada pengenalan akademik mahasiswa baru tahun ini. Pasalnya pandemi COVID-19 yang masih melanda. Kendati demikian, Unilak membagi pelaksanaan secara daring dan luring. Bahkan saat luring digelar, pelaksanaan dibagi secara bertahap dan dilakukan di lapangan bola.

"Pengenalan sistem informasi akademik dilakukan secara luring dengan menggunakan aplikasi zoom. Materi yang diberikan berupa pengenalan sistem informasi akademik oleh Kabag Akademik bagian Unilak. Materi ini berkaitan dengan tentang kartu rencana studi, tata cara pengecekan nilai, jadwal kuliah, ujian akhir semester absensi, dan lainnya," ujarnya.

Zamzami menjelaskan, pelaksanaan secara daring ini dilakukan di masing- masing fakultas. "Dekan di tingkat fakultas turut memberikan sambutan. Bagian akademik fakultas juga menjelaskan berbagai informasi fakultas di antaranya jadwal kuliah," jelasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, melalui pesan videonya mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru Unilak. "Saya ucapkan selamat kepada para mahasiswa/i baru yang saat ini tengah memasuki pintu gerbang perguruan tinggi. Banyak belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki," kata Sandiuno.

Menparekraf berharap, mahasiswa Unilak mampu memberikan kontribusi kepada Indonesia karena kita ketahui bersama Indonesia yang sedang menghadapi pandemi COVID-19.

"Saya berharap kalian [mahasiswa] mampu untuk melakukan inovasi guna meningkatkan kualitas diri. Beradaptasi dengan perkembangan kondisi terkini serta berkolaborasi," ujar Sandiaga.

Menteri kelahiran Pekanbaru ini mengimbuh, bahwa COVID-19 belum usai. Ia mengajak mahasiswa selalu terapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat di mana pun dan kapan pun berada.

"Pandemi harus kita tekan penyebarannya, selamat berkarya bagi para mahasiswa dan civitas akademika Universitas Lancang Kuning," tukasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar. Ucapan selamat dan motivasi disampaikan mantan Bupati Siak dua priode itu. Ia berharap mahasiswa di Unilak bisa meraih prestasi gemilang dan kontribusi nyata bagi negara.

"Selamat datang untuk mahasiswa baru universitas Lancang Kuning. Semoga anda semua menjadi mahasiswa yang berprestasi dan memberikan kontribusi yang baik dalam dunia pendidikan di Indonesia. Selamat belajar selamat berjuang dan selamat menjadi insan akademis," ujar Gubernur Riau.

Sementara itu, Rektor Unilak Dr. Junaidi menututurkan, bahwa kuliah di Unilak adalah pilihan yang sangat tepat. Kesuksesan dapat diraih bagi siapa saja yang mau bekerja keras dan Unilak akan membantu mewujudkan tahapan itu.

Kampus Unilak adalah Universitas yang berbudaya Melayu dan terbuka bagi semua kalangan. Selaku Rektor, Junaidi mengajak, semua mahasiswa untuk menjadi generasi yang maju dan kompetitif.

"Banyak orang yang mampu tapi tidak selesai kuliah dan ada juga orang yang tidak mampu tetapi berhasil dalam menyelesaikan studi kuliah. Bukan soal biaya, tapi kuliah adalah satu cara untuk mewujudkan yang dicita-citakan dan anda [mahasiswa] bisa merencanakan kesuksesan di Unilak.

Rektor membeberkan, Unilak telah berdiri sejak tahun 1982 dan telah melahirkan lebih dari 30.000 lulusan mahasiswa. Sejumlah mahasiswa yang lulus telah menjadi orang sukses dan memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara.

"Kami yakin masa depan bangsa ada ditangan anda semua, anda adalah calon pemimpin bangsa," tandas Dr. Junaidi.

(MCR)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini