Antisipasi Membludaknya Siswa, Disdik Pekanbaru Tambah 3 SMPN Baru

Redaksi Redaksi
Antisipasi Membludaknya Siswa, Disdik Pekanbaru Tambah 3 SMPN Baru
Sekretaris Disdik kota Pekanbaru, Drs H. Muzailis MM

PEKANBARU, riaueditor.com - Keluhan orangtua siswa terhadap minimnya daya tampung sekolah setiap tahun ajaran baru, kini sudah mulai teratasi. Kendati masih menumpang belajar, tahun ini Disdik Pekanbaru sudah menambah 3 SMP Negeri baru, bahkan sudah menerima siswa.

"Jauh hari kita sudah mengantisipasi kemungkinan membludaknya siswa saat daftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Atas pertimbangan itu, sebelum PPDB kemarin bapak Walikota sudah mengeluarkan SK penambahan 3 SMP baru", ucap Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) kota Pekanbaru, Drs H. Muzailis MM, Rabu (14/7/21).

Ia menjelaskan, 3 SMPN baru tersebut, yakni SMPN 46 numpang di SMPN 23 Jalan Garuda Sakti KM 3 Simpang Baru, SMPN 47 numpang di SMPN 42 Jalan Datuk Tunggul Sidomulyo Barat Kec. Tampan, dan SMPN 48 numpang di SMPN 35 Jalan T. Bey / Reformasi II, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya Pekanbaru.

Sementara guru pengajar yang disiapkan di 3 sekolah baru tersebut ujar Muzailis, berasal dari sebagian guru ASN yang dinilai berlebih. Dan sebagian lagi berasal dari rekrutmen guru-guru berstatus GTT.

"Itu sudah di SK kan oleh pak Wali. Sehingga secara legalitas SMP Negeri di kota Pekanbaru saat ini ada 48 sekolah", tukasnya.

Lebih jauh diterangkan Muzailis, penambahan 3 SMP Negeri di kota Pekanbaru itu didasarkan atas pemetaan. Disamping mengatasi membludaknya siswa, penambahan ini juga dimaksudkan untuk pemerataan pendidikan terutama di daerah yang tingkat pertumbuhan usia sekolah cukup tinggi.

"Kalau kita lihat jumlah anak usia sekolah dengan kondisi sekolah, sangat tidak seimbang dengan tingkat pertumbuhan anak usia sekolah. Contohnya di wilayah pemekaran kecamatan Tampan", pungkas Muzailis. (fin)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini