5 Mahasiswa UMRI Ini Sosialisasi Penerapan Akuntansi Segmen di PT Atlantik Internasional Akses

Redaksi Redaksi
5 Mahasiswa UMRI Ini Sosialisasi Penerapan Akuntansi Segmen di PT Atlantik Internasional Akses
istimewa

PEKANBARU, riaueditor.com - Guna mengetahui penerapan akuntansi dalam memberikan pengenalan tentang akuntansi segmen, sebanyak lima mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau (FEB UMRI) dari kelas 6AKB2 melakukan penelitian ke kantor PT Atlantik Internasional Akses yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani No. 64, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

Mereka adalah Nada Irwanda, Regina Cahyani, Ria Maranata Siburian, Siti Zahra Darmayati Ginting dan Tri Rahayu Ramadani. Kegiatan ini dibimbing oleh Dosen Akuntansi Keuangan Lanjutan, yaitu Ibu Siti Rodiah, SE., M.Sc., Kegiatan penelitian ini dilakukan selama seminggu terhitung 1 hingga 8 Juli 2022.

Mengenal Akuntansi Segmen

Akuntansi segmen merupakan laporan yang menyediakan informasi peluang investasi, resiko, serta potensi pertumbuhan dari perusahaan yang terdiversifikasi.

Pelaporan keuangan segmen adalah laporan yang menyediakan informasi peluang investasi, resiko, potensi pertumbuhan dari perusahaan yang terdiversifikasi. Sedangkan laporan interim menyediakan informasi mengenai kondisi terkini perusahaan. Pengungkapan laporan keuangan segmen dan interim haruslah sesuai dengan PSAK dan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum.

Tujuan dari adanya pelaporan segmen ini antara lain untuk memungkinkan pengguna laporan keuangan melihat dibalik angka total konsolidasi ke komponen individu yang membentuk entitas tersebut.

PT Atlantik Internasional Akses yang bergerak di bidang jasa pelayanan internet telah memiliki cabang mulai dari Medan hingga Lampung dan berkantor pusat di Jakarta.

Laporan keuangan PT Atlantik Internasional Akses tidak dilakukan di masing-masing area, namun dilakukan oleh kantor pusatnya di Jakarta, dan masing-masing area melakukan pelaporan pemasukan dan pengeluaran tiap minggunya ke kantor pusat.

Berdasarkan ujaran dari supervisor PT Atlantik Internasional Akses, Jean Siahaan mengatakan bahwasanya untuk area Pekanbaru belum melakukan implementasi laporan keuangan segmen untuk masing masing pelayanan jasanya.

Dapat diambil kesimpulan bahwasanya PT Atlantik Internasional Akses Pekanbaru tidak melakukan pelaporan keuangan segmen, dengan dasar ini untuk menjalankan tujuan kelima mahasiswa ini untuk melakukan sosialisasi dan pengelolaan terkait akuntansi segmen melaksanakan tugasnya.

PT Atlantik Internasional Akses Pekanbaru memiliki 12 layanan jasa diantaranya yaitu:

Berdasarkan penjelasan dari supervisor PT Atlantik Internasional Akses menyatakan bahwa pemasukan jasa dari instalasi jaringan internet ini sesuai kontrak perjanjian kerja sama dengan PT Telkom Akses yang sistem pembayarannya akan ditagihkan tiap bulannya.

Untuk jumlah karyawan PT Atlantik Internasional Akses Pekanbaru, teknisi sebanyak 12 orang, 2 orang koordinator lapangan, 1 supervisor, 1 orang admin dan 1 orang help desk. Dibawahi oleh 1 General Manager dan 3 orang direksi utama.

Pengeluaran rutin tiap bulannya yang paling utama adalah gaji serta pengeluaran administrasi dan operasional.

Kelima mahasiswa UMRI pun menjelaskan bagaimana pembagian untuk permasing-masing segmen ini antara pemasukan permasing-masing layanannya dengan pengeluaran apa saja yang ada.

Ada pun cara untuk memperhitungkan laporan segmen ialah semua segmen layanan jasa yang ada di perusahaan dijumlahkan sehingga mendapatkan total segmennya, lalu untuk mengecek apakah segmen-segmen tersebut bisa dilaporkan adalah dengan membagi permasing-masing segmen dengan total segmen. Apabila hasilnya di atas 10% maka segmen tersebut dapat dilaporkan.

Melalui kunjungan penelitian ini dapat diketahui dalam segmen laporan pemasukan dan laporan pengeluaran permasing-masing layanannya.

Mewakili PT Atlantik Internasional Akses, Jean Fatikawa menyambut baik kegiatan penelitian pengelolaan akuntansi segmen yang dilakukan mahasiswa UMRI ke perusahaannya,

"Karena akan menunjang kinerja keuangan di perusahaan, dan ke depannya baik untuk kantor pusat maupun kantor cabang," katanya.

"Terimakasih kepada adik-adik mahasiswa UMRI yang sudah memberikan pelatihan dan pengelolaan keuangan yang dapat membantu perusahaan dalam menerapkan pelaporan segmen," tukasnya.(*)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini