100 Hari Kerja, Asril Arief Benahi dan Majukan Pendidikan Rohil

Redaksi Redaksi
100 Hari Kerja, Asril Arief Benahi dan Majukan Pendidikan Rohil
Andi
Kadisdik Rohil, Asril Arief, S.Sos.

Usai melaksanakan serah terima jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dari HM. Nur Hidayat, SH, MH kepada Asril Arief, S.Sos pada 9 September lalu, dunia Pendidikan Rohil tampaknya akan berubah lebih baik. Ada agenda besar Asril Arief membenahi pendidikan Rohil untuk lebih baik ke depan.

Demikian disampaikan Asril Arief kepada jejakriau.co, Ahad (11/9/2022) di Pekanbaru. Dia menargetkan dalam 100 hari kepemimpinannya menakhodai Dinas Pendidikan, akan terlihat upaya dan hasil signifikan.

Untuk mendukung visi misi Bupati Rohil, Afrizal Sintong, SIP, Asril Arief akan membuat terobosan-terobosan baru untuk dunia pendidikan Rohil dan tetap mengadopsi dan menyesuaikan dengan program-program yang sudah berjalan sebelumnya.

Agenda pertama adalah membenahi internal di lingkup Disdik Rohil. Yakni meningkatkan kedisiplinan pegawai serta menyusun kegiatan-kegiatan yang ada di Disdik Rohil dengan baik.

Setelah Disdik Rohil dibenahi dan dimantapkan, selanjutnya melakukan pembenahan di satuan pendidikan yang ada. Di sini, Asril Arief terlebih dahulu akan melakukan mapping atau pemetaan guna mengetahui kondisi riil satuan pendidikan tersebut.

"Kita lihat dulu, bagaimana kondisi mutu pendidikan di Rohil ini, baik itu dari sisi SDM, sarana prasarana dan infrastruktur," ujarnya.

Kepala Disdik Rohil ini nantinya akan melakukan pertemuan dengan kepala-kepala sekolah di kecamatan bersama Koordinator Wilayah Pendidikan terkait. Asril Arief juga akan melakukan peninjauan langsung ke sekolah-sekolah.

Dengan begitu, Asriel akan melihat dan mendengar langsung apa permasalahan yang dihadapi oleh sekolah untuk dicarikan solusinya.

Jika masalah fisik dan infrastruktur, perlu penyamaan data dengan yang ada ada di Dapodik, selanjutnya diusulkan untuk mendapatkan bantuan fisik dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Demikian pula dengan masalah Sumber Daya Manusia (SDM), nantinya akan dilakukan semacam kegiatan peningkatan mutu guru tenaga pendidik, baik Bimtek ataupun kegiatan sejenis guna menambah wawasan dan pengetahuan tenaga pendidik. Bisa jadi kegiatan ini akan melibatkan pihak ketiga.

"Kemudian ditentukan lagi, mana yang lebih prioritas untuk diselesaikan. Apakah infrastruktur atau SDM," papar Asril Arief lagi.

Dalam hal SDM tenaga pendidik, di era kemajuan teknologi saat ini, setiap guru memang harus menguasai IT. Karena konsep pelaksanaan pembelajaran saat ini sudah lebih banyak dilaksanakan dengan memanfaatkan IT.

Asril juga menyatakan siap untuk bekerja sama dengan pihak luar, bagaimana mutu pendidikan khususnya lagi SDM tenaga pendidik lebih baik lagi. Pihak luar ini bisa saja dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) atau dari pihak lain yang dapat memberikan pencerahan pendidikan di Negeri Seribu Kubah.

"Bagaimana agar guru memiliki wawasan, memiliki konsep untuk mengajar yang bisa diterima dan dicerna dengan baik oleh siswa dalam pembelajaran," tambah Asril Arief.

Lagi, Asril Arief yang baru dilantik pada 2 September 2022 lalu ini menekankan, pada langkah awal ini yang terpenting adalah pemetaan kondisi satuan pendidikan di Rohil. Dari pemetaan ini akan diketahui masalah-masalah yang urgen untuk segera dibenahi.(Andi)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini