Warga Apresiasi Penataan Pedestrian dan Trotoar Jalan Protokol Pekanbaru

Redaksi Redaksi
Warga Apresiasi Penataan Pedestrian dan Trotoar Jalan Protokol Pekanbaru
riaueditor.com/jsr

PEKANBARU, riaueditor.com - Penataan Pedestrian dan trotoar jalan protokol kota Pekanbaru Oleh Kementerian Perhubungan RI disambut baik oleh masyarakat. Kini Kondisi Trotoar Jalan Protokol tanpakk cantik dan ramah lingkungan dan menjadi tempat santai bagi warga. Kehadiran pedestrian dan trotoar yang nyaman dan memadai mendorong warga lebih mengutamakan berjalan kaki maupun menjadi tempat wisata.

Hal ini dikatakan oleh Irfan, salah seorang mahasiswa Inilak Pekanbaru yang tengah manfaatkan Kursi yang tersedia di Trotoar jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Menurutnya, dengan dibangunnya Trotoar serta tersedianya beberapa fasilitas sangat membantu masyarakat kota Pekanbaru ataupun wisatawan. Baik untuk istirahat sore hingga malam hari, juga untuk sarana olahraga jalan kaki, ujarnya.

Meski begitu, bangunan tersebut juga harus diiringi dengan perawatan dan pengawasan. Karena, jika tidak, kondisi tersebut tidak bertahan lama. "Ya harus dirawat dan dijaga juga bersama-sama. Karena kadang ada saja yang suka merusak fasilitas yang ada," sebutnya.

Rudisulastio, warga kota Pekanbaru yang tengah berjalan kaki di trotoar Jalan Gajah Mada (Samping Kejati Riau), sangat mengapresiasi program Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Dengan di revitalisasi nya Pedestrian dan Trotoar ini, tampak kawasan Jalan protokol menjadi indah dan nyaman.

"Saya dari RS Bhayangkara menuju Kantor Pajak, bisa dengan berjalan Kaki, tak mesti naik kenderaan. Sambil olahraga dan bisa sampai dengan cepat. Jelang kantor buka, kita bisa istirahat dengan santai di kursi yang tersedia," akunya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau Dan Kepulauan Riau (BPTD IV Riau-Kepri) melalui petugas Humas, Ario yang dikonfirmasi terkait pembangunan Pedestrian dan Trotoar di kota Pekanbaru. Melalui pesan Whatsapp nya mengatakan, Pembangunan Trotoar tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan.

Untuk tahun 2021 dilaksanakan pembangunan pedestrian Jalan Sudirman Pekanbaru sepanjang 1.200 M yang dimulai dari simpang Jalan Kartini sampai dengan simpang Jalan Gajah Mada dan terakhir sampai simpang Jalan Patimura, urainya.

Menurut Ario, adapun fasilitas yang tersedia berupa, Kursi Taman, Lampu Taman dan Tong Sampah bagi pejalan kaki, terangnya.

Ia menjelaskan, revitalisasi trotoar dilakukan untuk mendukung program integrasi angkutan umum dan pengendalian kualitas udara di kota Pekanbaru. Kehadiran trotoar yang nyaman dan memadai diyakini mampu mendorong warga lebih mengutamakan berjalan kaki, khususnya penyandang disabilitas Tunai Netra.

"Trotoar juga dapat sebagai sarana transportasi umum, baik dari dan menuju tempat kerja maupun tempat wisata. Selain itu, dengan memanfaatkan trotoar dapat mengurangi kemacetan lalu lintas," pungkasnya. (jsR)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini