Kunjungi LAM Riau Erick Tohir Sebut BUMN Terbuka untuk Kerjasama dengan Pemprov

Redaksi Redaksi
Kunjungi LAM Riau Erick Tohir Sebut BUMN Terbuka untuk Kerjasama dengan Pemprov

PEKANBARU - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka lebar kesempatan bekerjasama dengan Provinsi Riau.

Sepanjang kerjasama tersebut saling menguntungkan kedua belah pihak, Menteri BUMN, Erick Tohir juga membuka diri untuk berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Hal itu disampaikan Erick Tohir saat melakukan kunjungan ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Jumat (26/11/2021).

Erick menegaskan kerjasama antar BUMN dengan BUMD dinilai sangat penting guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional terlebih ditengah kondisi pandemi saat ini.

"Kami membuka diri bagaimana BUMN berkolaborasi dengan BUMD dan Pemda untuk membangun iklim investasi yang saling menguntungkan," jelasnya.

"Jika ada di Riau memiliki potensi-potensi yang saling menguntungkan ya silahkan saja, kami terbuka untuk bekerjasama," tambahnya.

Sementara itu, Ketua umum Dewan Pengurus Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Syahril Abubakar mengatakan, selain untuk menjaga kelestarian adat, LAM Riau juga diberikan tugas untuk memberdayakan masyarakat adat yaitu masyarakat Riau.

Melalui pemberdayaan tersebut, ia melihat potensi yang besar ada di masyarakat Riau yakni UMKM.

"Kalau UMKM disandingka dan badan usaha milik rakyat dibina, maka manfaatnya sangat besar. Apalagi kami di Riau ini ada badan usaha milik adat," ungkap Syahril.

Riau, kata dia, disamping memiliki Badan Usaha Milik Daerah, juga dikenal dengan badan usaha milik adat yang saat ini mencoba bekerjasama dengan Pertamina Hulu Rokan (PHR).

"Semoga pak Menteri selaku pembina dari BUMN berkenan memberikan bantuan kepada badan usaha milik adat di Riau, karena jika bersinergi dampaknya akan sangat luar biasa. Apalagi masyarakat Riau mempunyai aset yang kalau digali dan dimanfaatkan akan memberikan keuntungan yang sangat luar biasa," pungkasnya.

Diketahui, saat melakukan kunjungan ke LAM Riau, Menteri BUMN meninjau kegiatan sosial dan donor darah setelah itu memberikan sembako kepada pendonor.

Dalam kunjungan Menteri BUMN tersebut, turut juga dihadiri oleh Asisten III Setdaprov Riau, Syahrial Abdi dan beberapa pejabat pemerintah lainnya. (MCR)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini