Bupati HM Adil Ikuti Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan Bersama Tim Provinsi Riau

Redaksi Redaksi
Bupati HM Adil Ikuti Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan Bersama Tim Provinsi Riau
riaueditor.com/bom

KEP.MERANTI, riaueditor.com - Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH hadiri acara Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2021 di Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (21/09/2021).

Turut hadir, Camat Tebing Tinggi Ratna Juwita Sari, Danramil 02 Lakatang, Perwakilan Kapolsek Zukrial, Kadis BLH Irmansyah, Pihak Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan Provinsi Riau Dr Rahayunir Rauf MSI, Ade Yusnawati selaku kepala bagian pemerintahan, dan anggota lainya sebagai Tim penilai.

Kemudian Ketua Tim Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan Provinsi Riau Dr Rahayunir Rauf MSi mengatakan bahwa, berdasarkan amanah gubernur di mana kita harus melakukan evaluasi kerja kecamatan di setiap Daerah dan Kecamatan tingkat provinsi yang diikuti Kabupaten Kota. Dan untuk Kabupaten Kepulauan Meranti ini yang perdana dalam mengikuti penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan.

"Inti dari penilaian ini sudah diatur oleh Gubernur tentang kinerja kecamatan ada 4 indikator penilaian. Dalam evaluasi tersebut sangat penting adalah dokumentasi dan arsip. Hal tersebut harus dilakukan sehingga ada keputusan baik itu benar maupun salah, dalam penilaian ini kami melakukan 3 metode pertama wawancara, Cek Dokumen dan Melalui observasi pengamatan. Gubernur Riau telah menetapkan kita sebagai Tim penilai sebanyak 7 orang yang ditugaskan sebagai Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan Provinsi Riau di Kabupaten Kepulauan Meranti", ungkapnya.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH menangapi bahwa, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan kami mengucapkan selamat datang Bapak Dr Rahyunir Rauf, MSi dan lbu Tunisnawaty, S STP MSi serta seluruh jajaran tim penilaian kinerja tingkat Provinsi Riau. Bagi kami di daerah ini dalam melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan publik yang prima di tingkat Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Salah satu entitas Pemerintahan yang memberikan pelayanan langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat adalah Kecamatan. Sebagai sub sistem Pemerintahan, kecamatan mempunyai kedudukan yang strategis serta memainkan peran fungsional dalam pelayanan dan administrasi pemerintahan. pembangunan serta kemasyarakatan. Sehingga kinerja Kecamatan proses tersebut, dalam penyelenggaraan Khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti sangat perlu untuk terus ditingkatkan.

Hal ini yang mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan untuk terus berupaya meningkatkan penyelenggaraan pelayanan pubilk Kecamatan, yang salah satunya melalui Peniliaian Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Riau dapat juga mengukur kinerja kecamatan, baik camat di lbukota Kabupaten, maupun para camat yang wilayahnya jauh diluar Ibukota kabupaten.

Dengan penilaian ini akan terlihat, apakah masyarakat sudah terlayani dengan baik atau belum. Dari hasil penilaian ini, kami harapkan kepada para camat untuk dapat melakukan evaluasi mandiri atas kinerjanya serta membuat inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik di tingkat Kecamatan, bahkan hingga ke tingkat Desa dan Kelurahan.

"Sehingga dengan usaha yang dilakukan tersebut mampu membuat kecamatan memberikan pelayanan prima dan terbaik ke depannya," katanya.

Peyelenggaraan Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Kepulauan Meranti ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi Camat yang memilki tugas melaksanakan sebagian kewenangan Bupati, tugas pemerintahan dan tugas lainnya yang diserahka kepada Camat. Dimana indikator penilaian EKK periode tahun 2021 tingkat Kabupaten ini yaitu, Tugas umum pemerintahan, kewenangan yang dilimpahkan dan kompetensi Camat.

Indikator penilaian tersebut, menjadi peringkat pertama dalam penilaian ini adalah Kecamatan Tebingtinggi dan diikuti Kecamatan Rangsang Barat dan Kecamatan Merbau sebagai peringkat kedua dan ketiga.

"Dengan hasil tersebut Kecamatan Tebingtinggi berhak untuk mewakili Kabupaten Kepulauan Meranti untuk Penilaian EKK periode tahun 2021 tingkat Provinsi Riau. Kami berharap Kecamatan Tebingtinggi dapat meraih nasl yang maksimal dalam penilaian EKK periode tahun 2021 di tingkat Provinsi Riau", katanya H Muhammad Adil SH.

"Dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dengan maksimal demi terselenggaranya dan suksesnya kegiatan ini", tutupnya H Muhammad Adil SH.(Bom)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini