Bupati Bengkalis Canangkan Pemasaran Bahan Olah Karet

Redaksi Redaksi
Bupati Bengkalis Canangkan Pemasaran Bahan Olah Karet
Foto: Diskominfotik Bengkalis

BATHIN SOLAPAN - Bupati Bengkalis Kasmarni membuka acara pencanangan gerakan pemasaran Bokar (Bahan Olah Karet) bersih, Senin, 7 November 2022 di Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan.

Bupati Kasmarni mengatakan pada tahun 2019 Unit Pengelolaan Pemasaran Bokar (UPPB) Al-Ikhlas telah berdiri dan telah melaksanakan kegiatan usahanya dengan prestasi yang sangat membanggakan dan perlu dukungan bagi semua pihak. Mengingat keberadaan UPPB sebagai sarana untuk meningkatkan mutu karet.

"UPPB juga memiliki manfaat karena sebagai media musyawarah dalam meningkatkan mutu bokar petani melalui pemasaran bersama dalam meningkatkan posisi tawar dan media komunikasi bagi petani agar dapat ikut dalam program pengembangan karet rakyat," kata Bupati Kasmarni.

Bupati Kasmarni menambahkan Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu daerah yang mengandalkan subsektor perkebunan dalam mengacu akselerasi pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan komoditi perkebunan karet.

"Karet juga merupakan salah satu komoditi perkebunan unggulan di daerah selain sawit. Pada data tahun 2020, Kabupaten Bengkalis sekitar 16 ribu lebih menjadi petani karet dengan luas perkebunan sekitar 31 hektare, yang tersebar di pulau Bengkalis, Rupat dan daratan Sumatera." ujar Bupati.

Bupati Kasmarni yang juga mantan Camat Pinggir menjelaskan dari sudut produktivitas, perkebunan karet di Kabupaten Bengkalis masih tergolong rendah sekitar 800 lebih kg per hektar sehingga sangat perlu dilakukan upaya produktif secara holistik integratif dengan memperhatikan hasil produktivitas.

"Dengan demikian hal itu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang telah dituangkan dalam Misi Pemerintah Kabupaten Bengkalis yakni mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang efektif dalam memajukan perekonomian dengan sasaran terwujudnya basis ekonomi masyarakat yang maju dan kokoh," ujarnya.

Hadir dalam acara Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharuddin, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Alfakhrurrazy, dan Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Bathin Solapan Muhammad Rusydy, Kepala Desa Petani, Rasikun dan masyarakat.(inf/dkf)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini