Sekwan Perketat Ruang Paripurna DPRD Riau, Wartawan Sempat Dilarang Masuk

Redaksi Redaksi
Sekwan Perketat Ruang Paripurna DPRD Riau, Wartawan Sempat Dilarang Masuk
fin/riaueditor.com

PEKANBARU, riaueditor.com - Kebijakan pengamanan di gedung DPRD Riau menuai kritikan dari Wartawan Parlemen Riau (WPR).

Pengamanan yang terlalu kaku ini membuat wartawan yang hari-harinya bertugas di gedung DPRD Riau sempat terhambat saat akan melakukan liputan paripurna yang terbuka untuk publik, Senin (20/7/20).

Pantauan wartawan, security yang menjaga pintu utama ruang sidang paripurna terlihat menjegal salah seorang wartawan yang ingin masuk ke dalam.

"Saya disuruh ke ruang atas oleh security itu. Jelas saya menolak karena kalau di atas saya tidak bisa mengambil foto saat sidang berlangsung," kata salah seorang wartawan.

Meskipun akhirnya wartawan yang berindentitas jelas tersebut akhirnya dibolehkan masuk, namun sikap security yang terkesan arogan ini mendapat kritikan dari WPR.

"Kita amat sesalkan sikap security tersebut yang sempat melarang wartawan masuk melakukan liputan, ini jelas melanggar UU no 40 tahun 1999 tentang Pers, siapa pun yang menghalang-halangi wartawan dalam mencari berita bisa dipidana," tegas Ketua WPR Edi Gustien, Senin (20/7/20).

WPR lanjut Edi mendukung langkah Setwan DPRD Riau dalam meningkatkan pengamanan namun kebijakan tersebut sepanjang tidak melanggar aturan apalagi ada Undang-undang yang dilanggar.

"Alangkah baiknya dikomunikasikan dengan wartawan yang bertugas di DPRD Riau sebelum kebijakan tersebut diterapkan," imbuhnya. (rls/fin)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini