Kemenag Pantau Hilal Awal Syawal 1445 H di 120 Lokasi, 1 di Riau

Redaksi Redaksi
Kemenag Pantau Hilal Awal Syawal 1445 H di 120 Lokasi, 1 di Riau
Ilustrasi.(Foto: Ist)

PEKANBARU -Kementerian Agama Republik Indonesia akan menggelar pemantauan hilal (rukyatulhilal) awal Syawal pada 9 April 2024, bertepatan dengan 29 Ramadan 1445 H. Pemantauan hilal awal Syawal 1445 H akan dilakukan di 120 lokasi se-Indonesia.

“Pemantauan hilal awal Syawal akan dilakukan di 120 lokasi di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, Selasa (2/4/2024).

Dirjen mengatakan, rukyatulhilal akan digelar Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat.

Sidang Isbat penentuan awal Syawal 1445 H dilakukan dengan mempertimbangkan informasi awal dari perhitungan astronomis atau hisab, serta hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan hilal.

Di Provinsi Riau, Kemenag memantau hilal dari satu titik saja, yakni dari Hotel Bono Pekanbaru. Demikian pula dengan Kepulauan RIau dan Jambi, masing-masing Kemenag memantau hilal dari satu titik.

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini