Berikut Syarat jika Ingin Mengikuti Haji Tahun Ini

Redaksi Redaksi
Berikut Syarat jika Ingin Mengikuti Haji Tahun Ini
(Foto: AFP)
Arab Saudi rilis syarat peserta haji 2020, harus lulus tes kesehatan

RIYADH - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengindikasikan kondisi kesehatan akan menjadi syarat utama bagi seseorang yang ingin mengikuti haji tahun ini.

Meski demikian, porsi jemaah antara warga Saudi dan non-Saudi tetap sama sebagaimana diumumkn pemerintah sebelumnya, yakni 30 persen bagi warga lokal dan 70 persen warga asing. Hal yang jelas mereka harus sudah berada di Saudi, bukan orang yang baru tiba.

Mereka akan diseleksi secara ketat oleh petugas kesehatan sehingga benar-benar dipastikan bebas dari Covid-19.

Kementerian akan memprioritaskan warga non-Saudi yang sehat secara medis dan hasil tes PCR menunjukkan negatif, baru pertama kali melakukan haji, serta berusia antara 20 dan 50 tahun.

Selanjutnya, mereka yang terpilih diminta melakukan karantina dalam waktu yang diputuskan oleh Departemen Kesehatan, sebelum dan sesudah melakukan haji.

Kementerian menambahkan warga non-Saudi yang memenuhi syarat dapat mendaftar melalui situs web Kementerian, yakni di localhaj.haj.gov.sa

Pendaftaran melalui situs web dibuka 5 hari, yakni dari Senin (6/7/2020) hingga Jumat (10/72020).

Penseleksian jemaah non-Saudi dilakukan secara elektronik termasuk menyertakan bukti kesehatan medis. Mereka diminta menyerahkan semua dokumen yang diperlukan.

Kementerian Haji dan Umrah menegaskan kembali keinginan Pemerintah Arab Saudi untuk melaksanakan haji dengan sukses di tengah pandemi virus corona yakni dengan menegakkan protokol kesehatan.

(iNews.id)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini