7 Mimpi saat Cemas dan Artinya Menurut Para Ahli

Redaksi Redaksi
7 Mimpi saat Cemas dan Artinya Menurut Para Ahli
(Pixabay/Pexels)
Ilustrasi. Beberapa mimpi buruk kerap terjadi saat Anda merasa cemas.

JAKARTA - Rasa cemas bukan hanya perkara perasaan waspada setiap saat. Rasa cemas memengaruhi banyak hal, termasuk pola tidur. Tak heran jika mimpi buruk kerap muncul saat cemas.

Saat tidur, otak melakukan sebuah proses pada seseorang, ingatan disaring dan disimpan, ada ruang yang dikosongkan untuk belajar, menyelesaikan persoalan, dan sederet hal lain.

"Setiap mimpi menyampaikan apa yang dipecahkan atau dikerjakan otak setiap waktu," ujar ahli kejiwaan Alex Dimiatri. Mimpi saat cemas, kata dia, berhubungan dengan otak yang sedang mencoba memecahkan masalah yang sedang mengganggu.

Lihat juga: Mengenal Sebab dan Gejala Generalized Anxiety Disorder

Ada beberapa mimpi yang umum terjadi saat cemas. Berikut melansir She Knows.

1. Terjatuh

Terjatuh adalah mimpi yang paling umum terjadi saat cemas. Anda bisa saja bermimpi terjatuh dari gedung tinggi atau dari tempat-tempat lain yang tak diketahui.

Psikolog Arooj Najmussaqib mengatakan, mimpi terjatuh bisa timbul karena ada perasaan negatif atau ketakutan terhadap sesuatu yang buruk.

Mimpi seperti ini juga menandakan perasaan grogi atau gugup atas situasi tertentu dalam hidup seperti putus cinta.

2. Kehilangan sesuatu

Mimpi kehilangan sesuatu atau ada yang dicuri menjadi tanda akan hilangnya motivasi dalam diri.

Pada mimpi kehilangan mobil, misalnya. Najmussaqib mengatakan, kunci mobil merepresentasikan kendali Anda dan kehilangan kendaraan bisa benar-benar membuat Anda stres.

Lihat juga: Permintaan Obat Anti-cemas Meningkat Sejak Pandemi Covid-19

3. Bencana alam

Mimpi berada di tengah situasi bencana alam bukan berarti Anda akan terkena musibah. Mimpi ini menandakan bahwa Anda mulai kewalahan dalam menghadapi situasi hidup.

Anda perlu menemukan apa yang membuat Anda kewalahan karena mimpi umumnya tak menawarkan petunjuk lain. Beberapa hal berpotensi menjadi penyebabnya seperti memulai pekerjaan baru, kehilangan pekerjaan, kematian, perceraian, atau keputusan-keputusan lain yang dibuat.

4. Telanjang

Mimpi kerap menawarkan adegan-adegan aneh seperti telanjang di depan umum. Kondisi ini menandakan perasaan malu Anda terhadap sesuatu.

Atau, mimpi ini juga menandakan bahwa Anda tidak dapat menyembunyikan apa pun tentang diri Anda, bahkan hal jelek sekalipun. Anda memiliki rasa takut untuk terekspose.

Lihat juga: 6 Makanan yang Ampuh Meredam Cemas

5. Dikejar

Rasa cemas terkadang memanifestasikan dirinya dalam mimpi dikejar-kejar. Sensasi atau perasaan dikejar ini, kata Najmussaqib, menandakan bahwa Anda sedang melarikan diri dari sesuatu dalam hidup.

6. Ketinggalan pesawat

Tak hanya pesawat, Anda juga mungkin mengalami mimpi ketinggalan bus, kereta api, atau moda transportasi lain. Mimpi ini menandakan ketakutan Anda akan tenggat waktu dalam hidup.

7. Mengemudi tanpa tujuan

Psikolog Deidra A Sorrel mengatakan, mimpi ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu dalam hidup yang berada di luar kendali Anda.

Dalam sesi terapi, mimpi ini memiliki dua interpretasi. Salah satunya, mengidentifikasi hal-hal di luar kendali seperti hubungan, pekerjaan, dan keuangan. Sementara pada sisi lain, mimpi ini juga menginterpretasikan makna spiritual. 

(CNNIndonesia.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini