PT Arara Abadi Kembali Sukses Laksanakan Latgab Helitack Crew Bersama Stakeholders

Redaksi Redaksi
PT Arara Abadi Kembali Sukses Laksanakan Latgab Helitack Crew Bersama Stakeholders
Foto: NH/Arara

PERAWANG-SIAK - Untuk kedua kalinya dalam dua tahun berturut turut sejak tahun 2022 lalu, guna mengantisipasi musim kemarau dan prediksi BMKG yang menyatakan bahwa tahun ini wilayah Indonesia akan mengalami El Nino yang menyebabkan kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Riau.

Maka pada triwulan I Tahun 2023 ini, kembali PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Regional Riau sukses melaksanakan Latihan Gabungan (Latgab) Helitack Crew selama dua hari, Sabtu dan Minggu 18-19 Maret 2023 dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), bertempat di komplek dan lapangan bola Mess Karyawan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Bunut Desa Pinang Sebatang Kecamatan Tualang-Perawang Kabupaten Siak.

Sebelumnya, peserta Latgab pencegahan dan penanggulangan Karhutla terdiri dari BPBD Riau dan Siak, Manggala Agni Wilayah Riau dan Siak serta Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Arara Abadi-APP Sinar Mas. Dalam pelaksanaan kali ini menambah peserta dari unsur TNI/Polri, yakni Kodim 0322 Siak dan Polres Siak dengan menggunakan sistim camp dan classroom.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 42 orang peserta juga dihadiri dan ditinjau langsung oleh Kapolres Siak, AKBP Ronald Sumaja, SIK, Wakapolres Siak, Kompol Angga Wahyu Prihantoro, S.Sos, SIK, M.H, Kompol Tapip Usman (Kabag Sumda), Kabagops Polres Siak Kompol Nardy Marbun, Kasat Binmas, AKP Yusirwan, Iptu Azran (Paur Log), dan juga Kepala BPBD Siak yang diwakili oleh Kabid KL Sapriwal Milis, SP, dan FOM Head PT Arara Abadi, Priyo S. Utomo, dan Public Relations PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Nurul Huda.

Kegiatan dimulai dengan Apel Siaga, dan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada pembukaan Latgab adalah Kabagops Polres Siak, Kompol Nardy Marbun, SH.

Dalam sambutannya Kabagops Polres Siak, Kompol Nardy Marbun, SH menyampaikan bahwa kejadian Karhutla selama ini di Riau bukan saja sudah menjadi isu lokal maupun nasional, namun telah menjadi perhatian dunia Internasional.

"Karhutla yang selama ini terjadi di Provinsi Riau tidak hanya sudah menjadi isu lokal dan nasional, sudah menjadi isu dan perhatian dunia Internasional. Oleh sebab itu menjadi kewajiban semua pihak untuk selalu siap siaga mengantisipasi dan menanggulangi Karhutla agar tidak terjadi secara meluas. Kita berharap kerjasama semua pihak melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla di Riau terutama di kabupaten Siak," ujarnya.

Sementara itu, FOM Head PT. Arara Abadi, Priyo S. Utomo didampingi penanggung jawab Kegiatan, Decha A.F.Hane kepada awak media menyampaikan, "Kegiatan Latgab ini merupakan bentuk tanggung jawab dan partisipasi perusahaan terhadap penetapan Status Siaga Karhutla yang telah ditetapkan oleh bapak Gubernur Riau, H. Syamsuar pada tanggal 15 Februari 2023 lalu," katanya.

PT Arara Abadi-APP Sinar Mas merupakan bagian dari komponen Satgas Karhutla Provinsi Riau selalu berperan aktif dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah di Riau dan Komponen masyarakat lainnya, baik dalam pencegahan maupun dalam penanganan atau peanggulangan Karhutla.

Dikatakan Priyo, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas antar lembaga guna menghadapi musim kemarau yang sudah di depan mata sebagaimana informasi dan prediksi BMKG yang menyatakan bahwa tahun ini wilayah Indonesia akan mengalami El Nino yang menyebabkan kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Riau.

"Harapan kami dengan diadakan latihan gabungan ini, seluruh personil akan siap diturunkan kapan saja dalam menghadapi kemungkinan terburuk terjadinya Karhutla," ungkapnya.

Salah satu peserta Latgab Helitack Crew, Babinkamtibmas Polsek Dayun Kampung Dayun Bandar Seminai Polres Siak, Aipda R. Nainggolan, SH. mengatakan, "Jika saya boleh berkata jujur, kegiatan yang dilaksanakan PT Arara Abadi ini sangat luar biasa, karena tidak pernah kita dapati helitack crew seperti ini sebelumnya, dan mungkin untuk hari kedua yaitu simulasi akan mirip dengan di lapangan," tuturnya.

lanjut Babinkamtibmas Kampung Dayun Bandar Seminar ini, sebagai daerah rawan karhutla, sejak pertengahan 2019 sampai saat ini Karhutla di Kampung Dayun Bandar sudah sangat jauh berkurang, dengan kata lain selain kita mendengar dan mendapat arahan dari pimpinan, kita juga berkolaborasi dengan tiga pilar yaitu: TNI/Polri dan Penghulu untuk melakukan sosialisasi pencegahan karhutla kepada masyarkat dan sekolah-sekolah.

"Harapan kita dari Babinkabtibmas agar dibekali moduls atau maklumat seperti brosur, spanduk dan sinergitas seluruh komponen dan berbagai stakeholders yang ada di wilayah kita," harapnya.

Latgab diikuti sebanyak 42 orang peserta, terdiri dari Anggota Kodim 0322 Siak (5 orang), Polres Siak (12 Orang), Manggala Agni wilayah Riau (5 Orang), BPBD Kab. Siak (5 Orang), Manggala Agni Daops Siak (5 Orang), dan Tim Reaksi Cepat Fire Operational Management (FOM) PT. Arara Abadi-APP Sinar Mas sebanyak 5 Orang.

Latgab kali ini menghadirkan tenaga pelatih dari Pilot dan CoPilot PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Capt Pilot Adil Pribadi dan Copilot Indria Puji Astuti, serta Pelatih dari TNI Pelda. Ramli Nasution Koramil 04/Perawang Kodim 0322/Siak, dari FOM PT Arara Abadi Angga Saprianto, Richard Sudinardo Sihombing.(NH)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini