Cegah Karhutla di Pelalawan, Ini 5 Pesan Danrem 031/WB

Redaksi Redaksi
Cegah Karhutla di Pelalawan, Ini 5 Pesan Danrem 031/WB
istimewa

PELALAWAN - Pimpin Apel kesiapsiagaan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhurla) di Kabupaten Pelalawan, Kamis (2/9), Kasrem 031 Wira Bima (WB) Kolonel Inf Junaidi sampaikan 5 pesan Danrem 031 Wira Bima atasi Karhutla di Kabupaten Pelalawan.

Adapun 5 pesan tersebut adalah, pertama terkait tumbuh suburkan iman dan taqwa kepada Tuhan YME, selama dalam menjalankan tugas pencegahan Karhutla. Kedua, melaksanakan sosialisasi kepada masyaralat terkait larangan dan bahaya Karhutlah secara terus menerus.

Ketiga, personil pencegahan Karhutla, khususnya dari jajaran Korem 031 Wira Bima terus melaksanakan komunikasi sosial berupa patroli dan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada warga binaan di masing-masing wilayah.

"Kemudian, keempat, Kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah kunci dari diperolehnya informasi yang cepat sebelum kebakaran terjadi. Sedangkan yang ke Lima, membangun harmonisasi antara seluruh aparat, baik TNI-Polri beserta seluruh aparat pemerintah di daerah," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kasrem juga menyampaikan jika untuk penanganan Karhutla selama ini personil maupun Satgas Karhutla masih dihadapkan dengan kesulitan-kesulitan peralatan dan menjangkau titik lokasi ditemukan Karhutla dan titik api. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut juga butuh strategi.

"Jadi, selama ini peralatan memang sudah terpenuhi. Dan kesulitan saat ini menjangkau lokasi. Artinya, saat ini bagaimana meningkatkan keahlian tim Satgas bisa mencapai sasaran dengan cepat aman dan terkendali," ujarnya.

Untuk TNI AD sendiri jelasnya, pelatihan ini akan diberikan lebih baik lagi untuk kedepan. Yaitu dengan meberikan pelatihan maksimal dengan menyesuaikan medan atau lokasi terjadinya Karhutla.

"Salah satu contohnya, menggunakan Helikopter dan menurunkan Satgas langsung pada titik sasaran untuk melakukan pemadaman dengan dilengkapi peralatan. Pelatihan inilah yang ditingkatkan lagi kedepan, agar pencegahan bisa diatasi dengan maksimal," ujarnya.

Terakhir, Kasrem juga mengharapkan seluruh Satgas Karhutla yang terlibat agar dapat bekerja dengan baik serta terus menignkatkan komunikasi dengan semua pihak terkait di daerah.

“Sesuai yang diarahkan Danrem 031 Wira Bima sebelumnya, pencegahan Karhutla ini kuncinya juga pada komunikasi antar semua pihak. Mudaha-mudahan dengan adanya komunikasi dan kekompakan, Karhutla di Riau bisa teratasi dengan baik" tuturnya.

Sebagai informasi Apel kesiapsiagaan Karhutla Kabupaten pelalawan ini, juga dihadiri Wakil Bupati Pelalawan, H Nasarudin, SH, MH, ketua DPRD Pelalawan Baharudin, beserta unsur Forkompimda Pelalawan.

Selain itu, juga dari tim gabungan pemadaman Karhutla Pelalawan yang terdiri dari TNI, Manggala Agni, Polri, tim Karhutla dari pihak perusahaan, dan masyarakat peduli api.(MCR)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini