Mana yang Lebih Baik, Mandi Air Dingin atau Air Panas

Redaksi Redaksi
Mana yang Lebih Baik, Mandi Air Dingin atau Air Panas
Ilustrasi. Foto: pexels pixabay.

JIKA mandi air panas adalah hal yang sangat dibutuhkan tubuh di pagi hari, Anda tidak sendirian. Mayoritas orang memang lebih memilih air hangat pada tubuh mereka.

Tetapi tahukah Anda bahwa mandi air dingin penting untuk menjaga rutinitas harian Anda?

Ya, harus mandi dengan benar-benar air dingin. Yang harus Anda lakukan ketika bangun di pagi hari, seperti dikutip dari laman healthline.com, Minggu (16/10/2022).

Terlepas dari apa yang Anda rasakan tentang kedua jenis pancuran itu, penelitian menunjukkan bahwa mandi air panas dan dingin memiliki manfaat kesehatan yang harus Anda ketahui.

Apa yang hebat tentang air dingin?

Manfaat mandi air dingin termasuk:

- Menghilangkan gatal pada kulit

- Membangunkanmu

- Meningkatkan sirkulasi

- Mengurangi nyeri otot setelah latihan berat

- Berpotensi meningkatkan penurunan berat badan

- Rambut dan kulit bercahaya

Adam Friedman MD mengatakan, jika Anda memiliki kondisi kulit yang menyebabkan rasa gatal, mandi air dingin dapat membantu dibandingkan harus menggaruknya.

Selain itu, mandi air dingin bisa memberikan sedikit kejutan. Guncangan ini bisa meningkatkan:

- Asupan oksigen

- Detak jantung

- Kewaspadaan

- Mandi air dingin meningkatkan sirkulasi

Peningkatan sirkulasi adalah salah satu alasan utama dan para ahli merekomendasikan mandi air dingin.

Ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh eksternal Anda, itu menyempitkan sirkulasi pada permukaan tubuh.

Ini menyebabkan darah di jaringan yang lebih dalam bersirkulasi dengan kecepatan lebih cepat untuk menjaga suhu tubuh yang ideal.

Manfaat Lain Mandi Air Dingin

Mandi air dingin membantu mengurangi nyeri otot setelah latihan intensif. Karena air dingin memiliki sifat regeneratif, otot Anda akan rileks dan membaik setelah latihan yang berat.

Mandi air dingin dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Beberapa sel lemak, seperti lemak coklat, dapat menghasilkan panas dengan membakar lemak.

Mandi air dingin mungkin bukan ide yang baik jika Anda sudah kedinginan, karena suhu yang lebih dingin tidak akan membantu menghangatkan Anda dengan cara apa pun.

Ini sebenarnya bisa membuat Anda lebih dingin dan menambah jumlah waktu yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melakukan pemanasan kembali.

Juga bukan ide yang baik jika Anda sakit. Awalnya, suhu dingin mungkin terlalu keras pada sistem kekebalan tubuh Anda, jadi yang terbaik adalah mengurangi ke suhu dingin.


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini