Kasus Bunuh Diri Anak di Jepang Catat Rekor Tertinggi

Redaksi Redaksi
Kasus Bunuh Diri Anak di Jepang Catat Rekor Tertinggi
Ilustrasi anak bunuh diri. Credit: freepik.com

JAKARTA - Kasus bunuh diri di kalangan anak-anak sekolah di Jepang mencapai rekor tertinggi pada tahun ajaran kemarin, menurut laporan Kementerian Pendidikan Jepang yang diterbitkan Rabu, 13 Oktober 2021. Negeri Sakura mencatat 415 kasus bunuh diri pada anak berusia 6 hingga 18 tahun selama tahun ajaran 2020, jumlah tertinggi sejak pencatatan dimulai pada 1974.

Melansir CNN, Kamis, 14 Oktober 2021, faktor-faktor meningkatnya kasus tersebut termasuk masalah keluarga, hasil sekolah yang buruk, hubungan dengan anak-anak lain, dan penyakit, lapor lembaga penyiaran publik Jepang NHK. Namun, alasan di balik lebih dari setengah kasus bunuh diri yang dilaporkan tahun ajaran lalu tidak diketahui, kata NHK.

Angka itu 31 persen lebih tinggi dari tahun ajaran sebelumnya, ketika tercatat 317 kasus bunuh diri anak. "Peningkatan kasus bunuh diri sangat mengkhawatirkan," kata Eguchi Arichika, kepala divisi anak-anak dan kemahasiswaan Kementerian Pendidikan Jepang.

Pihaknya melakukan survei tahunan di semua tingkatan sekolah, mengumpulkan data tentang bunuh diri, intimidasi, dan bolos. Laporan terbaru juga menemukan bahwa lebih dari 190 ribu siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama tidak masuk kelas selama 30 hari atau lebih pada tahun ajaran lalu.

Itu rekor tertinggi, naik sekitar 8 persen dari tahun sebelumnya. "Hasilnya menunjukkan bahwa pandemi telah menyebabkan perubahan di lingkungan sekolah dan keluarga, serta berdampak pada perilaku anak-anak,” kata Eguchi.

"Saya ingin mempromosikan upaya untuk mempermudah berbagi cara di mana orang dapat menemukan bantuan dan memastikan anak-anak yang tidak (datang ke) sekolah dapat terus belajar," imbuhnya.

(sumber: Liputan6.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini