Beragam Puasa Sunnah yang Limpahkan Keberkahan

Redaksi Redaksi
Beragam Puasa Sunnah yang Limpahkan Keberkahan
(Ilustrasi Puasa: Parade)

BERAGAM puasa sunnah dapat diamalkan agar memperoleh berkah dari Allah SWT. Selain puasa wajib di bulan Ramadan, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan macam-macam puasa sunnah. Meski tidak bersifat wajib, macam-macam puasa sunnah ini bisa mendatangkan keberkahan.

Macam-macam puasa sunnah ini menjadi amalan rutin Rasulullah SAW. Puasa termasuk amalan yang mempunyai keistimewaan tersendiri. Dengan berpuasa seseorang mampu mengendalikan hawa nafsu yang ada. Menjalankan satu dari macam-macam puasa sunnah ini bisa menciptakan ketenangan dan berkah dalam hidup.

Ada macam-macam puasa sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Berikut macam-macam puasa sunnah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/7/2019).

Puasa Senin-Kamis

Salah satu puasa sunnah yang paling dikenal dan dapat dilaksanakan di bulan apa saja adalah puasa senin kamis. Sunnah dari puasa senin-kamis ini tertuang seperti yang diriwayatkan Aisyah, “ Rasulullah biasanya berpuasa pada hari Senin dan Kamis,” [H.R. Tirmidzi, Nasai, dan Ibnu Majah].

Puasa ini dipercaya oleh umat muslim, bisa mendatangkan keberkahan dan ketenangan dalam menjalani hidup. Selain itu, berpuasa 2 hari dalam seminggu, yakni Senin dan Kamis, bisa menjadi rutinitas yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Niat puasa sunnah di hari Senin

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TA'ALA

Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta'ala.

Niat puasa sunnah di hari Kamis

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TA’ALA

Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala.


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini