Persepsi Negatif Soal Imunisasi, Masalah Besar Kesehatan

Redaksi Redaksi
Persepsi Negatif Soal Imunisasi, Masalah Besar Kesehatan
Ilustrasi.(Foto: Dok riaueditor)

JAKARTA - Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan RI, Kunta Wibawa Dasa Nugraha menyatakan adanya persepsi negatif terhadap imunisasi rutin yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan salah satu masalah besar bagi dunia kesehatan.

“Banyak persepsi negatif terhadap imunisasi rutin. Banyak rumor dan informasi yang menimbulkan kekhawatiran tentang manfaat dan keamanan imunisasi,” katanya dalam Puncak Pekan Imunisasi Dunia 2024 di Jakarta, Ahad (19/5/2024).

Kunta menuturkan, misinformasi mengenai manfaat dan keamanan imunisasi pada era digital saat ini sudah seperti penyakit menular yang mudah tersebar ke masyarakat.

Hal tersebut sangat merugikan, karena masyarakat menjadi tidak percaya dengan imunisasi, padahal sangat penting untuk dilakukan sejak kecil. Padahal, di era digitalisasi saat ini kegiatan imunisasi dipermudah, terutama melalui aplikasi Satu Sehat, sehingga sertifikat dan rutinitasnya akan terekam dengan baik.

Keadaan itu berbanding terbalik saat digitalisasi belum masif, yaitu perlu membawa buku setiap masyarakat ingin melakukan imunisasi yang pada akhirnya buku tersebut hilang, sehingga rutinitas imunisasi tidak terekam dengan baik.

Oleh sebab itu, Kunta mendorong agar berbagai pihak, terutama di dunia kesehatan harus terus menerus melakukan komunikasi dan sosialisasi mengenai keamanan dan manfaat imunisasi. “Sehingga, masyarakat menjadi percaya kembali dan melakukan imunisasi setelah menurun tajam saat Covid-19,” ujarnya.

Sumber

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini