Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Makkah Selama 2,5 Jam

Redaksi Redaksi
Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Makkah Selama 2,5 Jam
(Foto: Reuters)
Ka`bah di Komplek Masjidil Haram, Makkah, Al-Mukarromah

MASYARAKAT Arab Saudi akan dapat menyaksikan gerhana matahari cincin pada Minggu (21/6/2020). Tak hanya itu, mereka yang berada di Afrika, Semenanjung Arab, India hingga China selatan juga bisa melihat fenomena "cincin api" yang paling dramatis membayangi bumi.

Melansir laman Arab News, gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan tidak cukup dekat dengan bumi untuk sepenuhnya mengaburkan sinar matahari. Sehingga meninggalkan cincin tipis cakram matahari yang terlihat.

Fenomena ini terjadi setiap tahun atau dua tahun, dan hanya bisa dilihat dari jalur sempit di planet ini. Fenomena alam akan paling terlihat di wilayah Sharurah, Arab Saudi antara pukul 06.59 dan 08.13 waktu setempat sebelum berakhir pada pukul 09.41 pagi.

Sementara, Pusat Astronomi Nasional di King Abdul Aziz City untuk Sains dan Teknologi menerangkan, gerhana akan terlihat di wilayah Makkah selama sekitar dua setengah jam. Di Riyadh, akan terlihat dari 07.10 pagi hingga 20.23 malam.

"Di provinsi timur, gerhana akan dimulai pukul 07.14 pagi dan mencapai puncaknya pada pukul 08.30 pagi sebelum berakhir pada pukul 09.59 pagi," demikian bunyi keterangan Pusat Astronomi Nasional Arab Saudi.

(okezone.com)


Tag:

Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini