Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021 Bisa Terlihat di Wilayah Ini

Redaksi Redaksi
Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021 Bisa Terlihat di Wilayah Ini
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Credit: pexels.com/Drew

DALAM gerhana matahari pertama 2021 ini, Bulan hampir seluruhnya akan menghalangi matahari, hanya menyisakan cincin berapi-api yang terlihat pada Kamis 10 Juni 2021.

Skygazers hanya di beberapa tempat - di beberapa bagian Kanada, Greenland dan Rusia utara - akan dapat melihat cincin berapi-api ini, juga dikenal sebagai gerhana annular, menurut NASA.

Namun, gerhana matahari parsial - ketika bulan mengambil "porsi" melingkar dari matahari - akan terlihat di lebih banyak daerah di Belahan Bumi Utara, termasuk bagian dari Amerika Serikat bagian timur dan Alaska utara, sebagian besar Kanada, dan sebagian Karibia, Eropa, Asia dan Afrika utara, NASA melaporkan seperti dikutip dari Live Science, Senin (7/6/2021).

Gerhana matahari terjadi ketika bulan bergeser antara Bumi dan matahari, menghalangi beberapa atau hampir semua cahaya matahari. Selama gerhana annular, bulan cukup jauh dari Bumi bahwa terlalu kecil untuk menghalangi seluruh matahari. Sebaliknya, ketika bulan meluncur melintasi matahari, tepi luar matahari masih terlihat dari Bumi sebagai annulus, atau cincin.

Seluruh gerhana matahari annular akan berlangsung sekitar 100 menit, dimulai saat matahari terbit di Ontario, Kanada, dan melakukan perjalanan ke utara sampai saat gerhana terbesar, sekitar pukul 08.41 waktu setempat di Greenland (6:41 a.m. EDT; 11:41 GMT), 10:41 UTC di Greenland utara, dan berakhir saat matahari terbenam di Siberia timur laut, menurut Fase "cincin api", ketika bulan menutupi 89% matahari, akan berlangsung hingga 3 menit dan 51 detik di setiap titik di sepanjang jalan ini:

Jalur perlintasan gerhana matahari cincin Juni 2021 (kredit: NASA)

Daerah yang tidak jatuh di sepanjang jalur gerhana matahari akan melihat gerhana sebagian, jika cuaca memungkinkan. Di daerah-daerah ini, bagian dari luar bulan, bayangan yang lebih terang, dikenal sebagai penumbra, menghalangi matahari.

Ketika bulan lewat di depan matahari, akan terlihat seperti bayangan ini mengambil gigitan mewah dari bintang terang. Untuk pemirsa di Amerika Serikat, yang terbaik adalah menonton sebelum, selama dan tidak lama setelah matahari terbit, tergantung pada lokasi Anda, terutama jika Anda berada di bagian Tenggara, Timur Laut atau Midwest, atau di Alaska utara, NASA melaporkan.

Dengan kata lain, pastikan Anda memiliki pandangan yang jelas tentang cakrawala saat matahari mencoba menyambut hari baru, tetapi sebagian mungkin akan diblokir oleh bulan.

(sumber: Liputan6.com)


Tag:

Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini