Fisikawan Penemu Mesin Fotokopi Seorang Pengacara, Begini Sejarahnya

Redaksi Redaksi
Fisikawan Penemu Mesin Fotokopi Seorang Pengacara, Begini Sejarahnya
Chester F. Carlson. (Foto: Wikipedia)

MESIN fotokopi dikembangkan pertama kali oleh Chester Floyd Carlson, seorang pengacara paten dan fisikawan Amerika Serikat di tahun 1937. Pada awalnya, mesin fotokopi tersebut dinamakan elektrografi.

Namun, seiring waktu penemuan Carlson disebut sebagai xerografi. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya menghasilkan salinan kering. Xerografi berasal dari bahasa Yunani yang artinya tulisan kering.

Pada saat itu, penemuan Carlson belum diakui oleh banyak orang dan masih perlu dikembangkan. Sampai di tahun 1949, mesin fotokopi mulai menjadi alat komersial dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Sejarah Penemuan Mesin Fotokopi

Di perusahaan tempat Carlson bekerja, PR Mallory di kota New York, dia baru mengetahui bahwa setiap dokumen perlu disalin berulang kali dengan tangan atau harus difoto. Metode itu membuat dia merasa lelah dan bosan karena memakan banyak waktu.

Perasaan yang di alami oleh Carlson saat itu membuat dia mengembangkan mesin fotokopi untuk pertama kalinya. Dia mulai membaca artikel-artikel ilmiah dan menemukan jawabannya berada di bidang baru bernama fotokonduktivitas.


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini