Sedang Terbang, Helikopter Presiden Kolombia Ditembak

Redaksi Redaksi
Sedang Terbang, Helikopter Presiden Kolombia Ditembak
Foto: Ilustrasi Helikopter. (Dok: Freepik)

JAKARTA - Kejadian penembakan kendaraan pemimpin negara bukan hanya terjadi di film. Ini bisa juga di dunia nyata.

Salah satunya, kejadian yang dialami Presiden Kolombia Ivan Duque. Helikopter yang membawanya ditembak dalam sebuah serangan, Jumat (25/6/2021) waktu setempat.

Mengutip CNBCIndonesia.com, insiden terjadi saat ia terbang di wilayah Cattumbo, Kolombia menuju kota Cucuta, di provinsi Norte de Santander. Saat itu ia bersama sejumlah pejabat, termasuk Menteri Pertahanan Diego Molano, Menteri Dalam Negeri Daniel Palacios, dan gubernur Norte de Santander Silvano Serrano.

Tidak ada yang terluka dalam serangan tersebut. Namun Duque mengecam keras aksi itu.

"Yang jelas ini adalah serangan pengecut di mana lubang peluru bisa terlihat di pesawat kepresidenan," kata Duque dalam sebuah pesan video dikutip dari Reuters, Sabtu (26/6/2021).

Wilayah Catatumbo berada di perbatasan Kolombia dengan Venezuela. Ini adalah rumah bagi tanaman koka yang ekstensif, bahan utama kokain.

Di sinilah gerilyawan Tentara Pembebasan Nasional (ELN) sayap kiri beroperasi, yang sebelumnya bernama FARC dan menolak kesepakatan damai 2016 dengan pemerintah. Daerah itu juga jadi pusat kelompok kriminal bersenjata yang terlibat dalam perdagangan narkoba.

Sebelumnya di bulan ini, bom juga meledak di angkatan militer yang digunakan oleh Brigade Angkatan Darat ke-30 di Cucuta. Kejadian melukai pasukan Kolombia dan penasihat militer AS.

Sementara itu, dalam pernyataan terpisah Menteri Pertahanan Molano mengatakan serangan memang dilkakukan ELN.


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini