Rekaman Detik-Detik Pesawat Lionair Filipina Meledak dan Terbakar di Bandara Manila

Redaksi Redaksi
Rekaman Detik-Detik Pesawat Lionair Filipina Meledak dan Terbakar di Bandara Manila
(Liputan6.com/Johan Fatzry)
Ilustrasi Kecelakaan Pesawat

JAKARTA - Delapan orang tewas dalam kecelakaan pesawat maskapai Filipina, Lionair terjadi di Manila pada Minggu (29/3/2020) malam dilaporkan tak ada yang selamat. Laporan awal menunjukkan bahwa kapal terbang itu mengangkut empat awak, dokter, perawat, dan warga negara Kanada yang diyakini sebagai pasien dan seorang rekan Amerika.

Mengutip Phill Star, sebuah sumber menyebut enam awak Filipina dan dua penumpang. Para penumpangnya adalah seorang Kanada dan seorang Amerika.

Senator Richard Gordon, ketua Palang Merah Filipina, membenarkan di Twitter ada delapan penumpang: seorang petugas medis penerbangan, perawat, dokter, tiga awak pesawat, satu pasien dan rekannya.

Our fire and medic teams were already dispatched to NAIA Terminal 2 to respond to the plane crash incident involving Lion Air Flight RPC 5880. 8 passengers consisting of a flight medic, nurse, doctor, three flight crew, one patient and its companion were on board.

Richard J. Gordon (@DickGordonDG) March 29, 2020

Pesawat yang lepas landas di Bandara Internasional Ninoy Aquino pada Minggu (29/3/2020) malam meledak di landasan pacu itu, sedang menuju ke Bandara Haneda di Jepang dalam penerbangan evakuasi medis.

Manila International Airport Authority (MIAA) membenarkan bahwa tidak ada yang selamat dari kecelakaan pesawat di NAIA, demikian seperti dikutip dari situs Manila Bulletin, Minggu (29/3/2020).

Sejumlah saksi mata mengatakan pesawat terbakar ketika lepas landas. Salah satu yang mendapat rekaman detik-detik saat kebakaran pesawat tersebut adalah jurnalis multimedia Journalist ABS-CBN News. Melalui Twitter ia mengunggah rekaman tersebut.

Berikut ini rekamannya:

UPDATED: Lion Air Westwind ambulance aircraft burned on take off in NAIA runway with eight people on board, accdg to sources.This video was taken March 29 around 8PM pic.twitter.com/awYBs7JRNr

Jacque Manabat (@jacquemanabat) March 29, 2020

Pesawat dalam Perjalanan Medis

Pemadam kebakaran bandara mengaku mengalami kesulitan menjinakkan kebakaran. Pesawat itu sarat dengan 4 ton bahan bakar.

Penyelidik mengatakan kebocoran diduga menyebabkan pesawat meledak.

Mengutip Phill Star, pesawat yang terdaftar sebagai IAI 1124A Westwind II menuju ke Bandara Internasional Tokyo dengan penerbangan medevac atau penerbangan medis.

Pihak Lion Air Group di Indonesia menyatakan, pesawat tersebut bukan miliknya. Sebab, Lion Air Indonesia belum beroperasi di Manila.

Pesawat yang meledak ini merupakan mikik Lionair Inc, perusahaan penerbangan Filpina yang menyediakan pesawat maupun helikopter sewaan.

(liputan6.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini