Operasi Zebra 2021 Akan Dimulai, Kasat Lantas Polres Dumai Himbau Masyarakat Lengkapi Surat-surat Kendaraan

Redaksi Redaksi
Operasi Zebra 2021 Akan Dimulai, Kasat Lantas Polres Dumai Himbau Masyarakat Lengkapi Surat-surat Kendaraan

DUMAI - Masyarakat pengguna kendaraan bermotor diminta untuk melengkapi surat-surat kendaraan. Karena tak lama lagi, Polres Dumai akan menggelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2021.

Operasi Zebra 2021 ini sendiri, bakal berlangsung selama 14 hari, mulai 30 Oktober hingga 15 sampai 28 November 2021 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Kapolres Dumai AKBP Muhammad Kholid melalui Kasat Lantas AKP Akira Ceria menjelaskan, Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 digelar untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Sasarannya, adalah pelanggaran lalu lintas dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas ditengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam berlalu lintas," sebut Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, Kamis (11/11/2021).

Masih kata Akira, pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 ini sendiri nantinya akan tetap mengedepankan pola preemtif, preventif, dan penindakan.

Nantinya dalam Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, terdapat beberapa jenis pelanggaran prioritas yang menjadi sasaran penindakan petugas Kepolisian.

"Target Operasi Zebra ini adalah pelanggaran yang kasat mata dan rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yakni pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, tidak mengenakan helm standar SNI, pelanggaran stop line atau marka jalan, melanggar batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus dan kelebihan dimensi bagi kendaraan angkutan," jelas Akira.

Kepada personil yang bertugas di lapangan, AKP Akira juga berpesan, untuk menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan. Sehingga dalam pelaksanaan operasi berjalan maksimal serta tidak ada komplain dari masyarakat.

Tak ketinggalan, Akira juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sebagai upaya bersama memutus penyebaran Covid-19.

"Mari kita bersama-sama berupaya dan berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir," himbau Akira.

Nah, bagi masyarkat yang tak ingin terkena tilang dari petugas polisi, ada baiknya mengikuti beberapa tips.

Ada pun tips wajib dipahami para pengendara bermotor agar terhindar dari surat tilang polisi antara lain:

1. Lengkapi surat-surat kendaraan yang masih berlaku.

2. Jangan melawan arus.

3. Pelat nomor harus sesuai dengan surat berkendara.

4. Pengendara dan penumpang harus mengenakan helm dan sabuk keselamatan.

5. Motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi).

6. Harus nyalakan lampu besar di siang hari.

7. Taati lampu merah dan marka jalan.

8. Bagi pengendara motor, jangan naik motor lebih dari dua orang.

9. Bagi pengendara mobil, jangan pakai rotator atau sirine pada mobil pribadi. (**)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini