Polda Riau Tangkap Pelaku Usaha Galian C Ilegal di Mandau

Redaksi Redaksi
Polda Riau Tangkap Pelaku Usaha Galian C Ilegal di Mandau
riaueditor
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

PEKANBARU, riaueditor.com - Polda Riau menangkap pelaku usaha tambang pasir ilegal di Dusun Pasir Putih, Desa Boncah Mahang, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau.


Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, bahwa pelaku usaha penambangan pasir ilegal yang ditangkap itu, karena menjalankan usahanya tanpa mengantongi izin dari pemerintah setempat.


"Pelaku usaha penambangan pasir ilegal tersebut ditangkap pada Senin (9/11) sekitar pukul 16.00 Wib, karena menjalankan usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara tanpa izin, jenis pasir yang tanpa ada izin dari pemerintah," ujar Agung, Kamis (12/11).


Dia menjelaskan, dari lokasi usaha penambangan pasir ilegal tersebut, pihaknya berhasil mengamankan 10 tersangka yakni, 3 diantaranya berperan sebagai pengelola atau pemilik usaha langsung, selebihnya juru tulis dan operator.


"10 tersangka yang berhasil kita amankan. Masing-masing 3 sebagai pemilik usaha, 4 operator alat berat escavator dan 3 orang sebagai juru tulis," ucap Agung. 


Selain mengamankan tersangka, tim dari Ditreskrimsus Polda Riau juga mengamankan 4 unit alat berat jenis excavator dan 4 unit mesin hisap (keong) beserta selang, yang digunakan para pelaku untuk melakukan kegiatan tambang pasir ilegal itu.


"Selain kita tangkap tersangka, kita juga mengamankan barang bukti berupa alat berat escavator dan mesin hisap dan selang. Kini tersangka dan bersama sejumlah barang bukti tersebut sudah diamankan untuk diproses pengusutan lebih lanjut terhadap aktivitas galian C ilegal itu," kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.


Akibat perbuatannya 10 pelaku tersebut disangkakan melanggar Pasal 158 UU RI No. 3 tahun 2020 tentang perubahan UU RI No. 4 tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. Dengan ancaman pidana 5 tahun penjara dan denda uang sebanyak 100 milyar. (R11)





Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini