Jokowi Minta Usaha Kecil Diperhatikan: Investor Bukan Hanya Asing

Redaksi Redaksi
Jokowi Minta Usaha Kecil Diperhatikan: Investor Bukan Hanya Asing
Presiden Jokowi meminta jajarannya bekerja lebih keras dalam penanganan pandemi, utamanya menyeimbangkan gas dan rem antara penanganan saat memimpin ratas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8/2020). (Kementerian Sekretariat Negara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya investasi di tengah ekonomi yang tertekan akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, dia meminta agar semua investor baru yang kecil, sedang, dan besar diberikan pelayanan sebaik mungkin.

"Usaha kecil itu juga investor. Jangan punya bayangan bahwa investor harus asing, harus yang gede. Enggak, yang kecil itu pun juga investor," kata Jokowi saat saat berpidato di Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021 di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Dia meminta agar pola-pola pelayanan investasi yang lama ditinggalkan. Jokowi ingin agar semua investor baru mendapatkan pelayanan yang sama, meskipun unit usahanya tergolong kecil.

"Berikan pelayanan yang terbaik baik itu investor kecil, yang namanya usaha-usaha kecil itu juga investor, jangan keliru. Investor yang sedang juga layani dengan baik, investor yang gede juga layani dengan baik. Investor yang kecil, usaha-usaha kecil itu layani dengan baik," jelasnya.

Jokowi meningatkan pemerintah daerah tak mempersulit izin investasi dan menggratiskan izin usaha kepada para calon investor. Hal ini agar para calon investor semakin berminat untuk menanamkan modalnya.

"Izin berikan semua gratis, antarkan ke rumah. Itu pelayanan, yang kecil-kecil layani seperti itu," ucapnya.

Dia memerintahkan kepala darerah memberikan target kepada Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) memberikan izin gratis kepada investor-investor kecil. Misalnya, 10.000 izin gratis setiap tahun.

"Kalau mereka pegang yang namanya izin-izin akan mudah mengakses ke lembaga-lembaga keuangan perbankan. Akan mudah karena ini menjadi syarat perizinan itu selain syarat-syarat yang lain. Kalau mereka pegang ini akan memudahkan," ujar Jokowi.

Pemulihan Ekonomi Nasional

Jokowi mengatakan, investasi menjadi jangkar pemulihan ekonomi nasional. Dengan munculnya investasi, maka peredaran uang akan semakin banyak sehingga dapat meningkatkan daya beli serta konsumsi masyarakat.

"Peredaran uang akan semakin besar dan itu akan menimbulkan efek nanti ke daya beli masyarakat juga akan naik, konsumsi masyarkaat akan naik, pertumbuhan ekonomi juga akan naik, larinya ke sana," kata dia.

(sumber: Liputan6.com)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini