Pemkab Pelalawan Salurkan Bantuan Satu Juta Benih Kelompok Budidaya Ikan dan Udang

Redaksi Redaksi
Pemkab Pelalawan Salurkan Bantuan Satu Juta Benih Kelompok Budidaya Ikan dan Udang
riaueditor.com/ZL

PELALAWAN, riaueditor.com - Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau melalui Dinas Perikanan (Diskan) kembali menyalurkan bantuan kurang lebih satu juta benih atau bibit ikan dan udang untuk kelompok budidaya ikan dan udang tersebut. Bantuan tersebut menggunakan anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022.

"Pada tahun 2022 ini, Dinas Perikanan kembali akan menyalurkan bantuan benih ikan dan udang untuk 69 kelompok pembudidaya ikan dan udang yang tersebar di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Ada kurang lebih satu juta ekor ikan dan udang yang kesalurkan nantinya," ucap Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pelalawan Ir. M. Syahrul Syarief, MSi didampingi Sekretaris Diskan Kabupaten Pelalawan, Zulfan SPi.

Menurutnya, ada berbagai kelompok budidaya ikan dan udang yang menerima bantuan tersebut, yakni kelompok budidaya kolam tanah, kolam terpal, calon induk, kerambah dan tambak. Jenis ikan yang disalurkan berbeda-beda juga, ada ikan lele, ikan patin, ikan nila dan kalau untuk udang yakni udang vaname. Setiap satu kelompok ada 10 orang.

"Kelompok budidaya ikan dan udang yang menerima bantuan berbeda-beda, kalau kolam tanah ada sebanyak 10 kelompok dan satu kelompok menerima sebanyak 10 ribu ikan patin serta pakannya2,1 ton, kolam terpal ada sebanyak 38 kelompok dan satu kelompok menerima 10 ribu ikan lele serta pakannya 700 Kg, calon induk ada sebanyak 18 unit pembenihan rakyat (UPR) dan satu UPR ada sebanyak 16 paket serta 1 paket ikan nila berjenis jantan sebanyak 100 ekor dan betina 300 ekor, 1 paket ikan lele berjenis jantan 5 jantan dan 10 betina," ujarnya.

Dilanjutkannya, bahwa selain itu untuk kerambah ada sebanyak 2 kelompok dan satu kelompok menerima sebanyak 12 ribu ikan patin serta pakannya 5,4 ton.

Disamping itu yang terakhir kolam tambak ada sebanyak 1 kelompok dan satu kelompok menerima sebanyak 500 ribu udang vaname serta pakannya 6 ton.

"Kelompok yang menerima bantuan tersebut ada 11 Kecamatan yakni Kecamatan Ukui, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Bandar Seikijang, Kecamatan Bandar Petalangan, Kecamatan Kerumutan, Kecamatan Langgam, Kecamatan Pelalawan. Kecamatan Kuala Kampar, Kecamatan Bunut. Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Kuala Kampar," jelasnya.

Ir M Syahrul menambahkan, bahwa pihaknya saat ini masih melakukan verifikasi data penerima bantuan tersebut dan melakukan sosialisasi kepada kelompok penerima bantuan. Pihaknya menargetkan bantuan ini disalurkan di bulan Agustus sampai November tuntas semuanya.

Dirinya berharap, dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan budidaya perikanan dan meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

Dinas perikanan juga intens dan rutin dalam melakukan Sosialisasi Penguatan Kelompok Pembudidaya Ikan yang pesertanya perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan Penguatan Kelompok Pembudidaya Ikan ini bertujuan untuk:

Menjadi wadah bagi pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Pelalawan agar dapat saling mengenal antar pembudidaya ikan dan bertukar informasi seputar usaha budidaya perikanan.

Sarana diskusi permasalahan sekaligus solusi terhadap permasalahan yang ada pada usaha budidaya perikanan di Kabupaten Pelalawan.

Memfasilitasi kelompok agar mudah dalam mendapatkan bantuan seperti bantuan permodalan, penyuluhan dan bantuan sarana prasarana baik dari pemerintah maupun sektor swasta.(adv/zul)


Tag:
Berita Terkait
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini