Home  /   / Pendidikan
Belajar via Live Streaming, Disdik Siak Luncurkan Channel YouTube Siak Bedelau
Kamis, 21 Mei 2020 | 17:58:07
istimewa
Penampakan Channel YouTube Disdik Siak Bedelau.
SIAK - Wabah pandemi Covid-19 mungkin akan berlangsung lama. Mengantisipasi terhentinya proses belajar mengajar siswa, Dinas Pendidikan Kabupaten Siak memastikan kegiatan belajar tetap berjalan melalui live streaming dari channel YouTube.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak Lukman mengatakan, channel Disdikbud Siak Bedelau ini dibuat untuk menyikapi proses belajar mengajar dimasa wabah Covid-19.

"Ini adalah kerisauan dari rekan-rekan guru, orang tua murid maupun murid itu sendiri yang telah lama tidak bertatap muka dalam proses belajar dan mengajar,"
sebutnya.

Lukman menjelaskan, pola pembelajaran di channel youtube Disdikbud Siak Bedelau dengan cara menunjuk guru yang kompeten sesuai kelas untuk SD/MI dan sesuai mata pelajaran untuk SMP/MTs.

Kemudian, guru yang ditunjuk akan mengajar secara live dan akan disaksikan atau diikuti oleh guru-guru dan peserta didik yang lain se Kabupaten Siak. Hal ini dilakukan untuk menjawab permasalahan bagi guru-guru yang masih lemah dengan teknologi dan juga masih lemah mendesign pembelajaran berbasis teknologi.

Lanjutnya, saat ini telah dilakukan Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/MTs setiap mata pelajaran (mapel) secara dalam jaringan (daring), untuk membantu guru memahami pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi. Memotivasi guru untuk mengubah mindset terhadap pola belajar dan mengajar di saat wabah Covid-19 ini.

"InsyaAllah akan dilakukan tindaklanjut MGMP Virtual berbasis rayon atau kecamatan. Begitu juga akan menyusul KKG Virtual untuk guru2 di SD/MI," ujarnya.

Dikatakan dia, jika wabah Covid-19 ini masih berlangsung maka pembelajaran daring melalui channel youtube Disdikbud Siak Bedelau akan dimulai di awal tahun Pelajaran 2020/2021 (bulan Juli 2020).

Sementara lanjut dia, bagi orangtua atau peserta didik yg tidak punya fasilitas HP maka akan dilakukan pembelajaran luring (luar jaringan) dengan cara menentukan portal-portal atau tempat bagi anak-anak mengambil materi atau tugas. 

"Nanti akan disiapkan modul bagi peserta didik yang tidak bisa melaksanakan pembelajaran daring," jelasnya.(adv)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kemdikbud Gelar Webinar Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi
Kadisdik Riau Ingatkan Para Guru Evaluasi Pembelajaran Secara Virtual
Kemendikbud Umumkan Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru
Pemkab Rohil Tak Mau Gegabah Putuskan Belajar Tatap Muka Langsung
Berikut Persyaratan Pembelajaran Tatap Muka Satuan Pendidikan di Zona Hijau Covid-19

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter