Home  /   / Pendidikan
Mahasiswa Unri sosialisasi Cara Sederhana Penjernihan Air Di Desa Tualang
Minggu, 4 Agustus 2019 | 22:52:21
raf/riaueditor.com
SIAK, riaueditor.com - Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang sedang Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Tualang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak melaksanakan sosialisasi sebagai bentuk salah satu Program Kerja KKN yang dilaksanakan pada Jumat (02/08) di Aula Kantor Penghulu Tualang.

Sosialisasi yang mengusung tema Indonesia Bersih tersebut membahas mengenai sistem penjernihan air dengan metode klarifikasi sederhana skala rumah tangga.

Adapun yang menjadi narasumber adalah Dra. Silvi Reni Yenti, M.Si yang merupakan dosen Teknik Kimia Universitas Riau.

Dr. Silvi Reni Yenti, M.Si mengungkapkan bahwa air yang kurang baik adalah air yang memiliki pH dengan kategori asam dan banyak mengandung logam salah satunya logam FE.

"Hal ini tentunya akan menyababkan iritasi pada kulit dan penyakit lainnya apabila digunakan dalam janga waktu panjang", ungkapnya.

Ia juga menambahkan, setelah diuji di laboratorium dengan metode klarifikasi skala rumah tangga ini berhasil merubah pH ke kategori menuju netral. 

"Tanpa air bersih kita tidak bisa memberikan hal yang baik pada generasi penerus kita", tambahnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Penghulu Desa Tualang dan seluruh ketua RT, RK, BAPEKAM Tualang dengan tujuan mengajarkan cara untuk menjernihkan air yang keruh dengan menggunakan metode klarifikasi sederhana skala rumah tangga.

Tondi Putra selaku koordinator desa menuturkan dari awal kedatangan mereka kesana keadaan air didesa tersebut sudah tampak keruh dan tidak bersih, sehingga mereka memutuskan untuk mengadakan sosialisasi air bersih sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat setempat.

"Dari awal kedatangan sudah melihat keadaan air di sini yang cukup keruh dan tidak bersih. Jadi, kami memutuskan untuk mengadakan sosialiasi air bersih sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Tualang", tuturnya.

Tidak hanya pemberian teori tetapi sosialisasi itu juga dipraktekkan secara langsung dengan bahan dan alat yang sederhana seperti tawas, kapur bangunan dan air panas.

Selain itu Tondi Putra juga berharap kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat Desa Tualang dalam menangani permasalahan air yang kurang jernih.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Tualang dalam menangani permasalahan air yang kurang jernih", tutupnya.

Juprianto, Kepala desa Tualang menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan mahasiswa tersebut.

"Kami selaku pemerintah desa menyambut baik dan mengapresiasi mahasiswa kukerta UNRi 2019 yang telah memberikan pengetahuan nya kepada pak RT dan pak RK yang ada di daerah kita, sehingga pengetahuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk dapat membuat proses penyaringan air bersih secara sederhana tersebut", ujarnya saat dihubungi via seluler pada Ahad (04/08) malam.(raf)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sinergitas TNI - Polri di Rohul, Tetap Kompak Sosialisasikan Karlahut
Minum Air Lemon Hangat Tiap Pagi Bikin Perut Bebas Buncit
Kronologi Co-Pilot Wings Air Diduga Tewas Gantung Diri di Kos
Pilot Wings Diduga Gantung Diri, Ditemukan Surat PHK di HP
Diskominfotik Gelar Sosialisasi KIM di Kecamatan Rupat Utara

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad