Home  / Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu  / Hukrim
Kajari Rohul Musnahkan Barang Bukti 159 Perkara Tindak Pidana Umum 2018-2019
Kamis, 12 September 2019 | 08:44:12
istimewa
ROHUL, riaueditor.com -  Kejaksaan Negeri Rokan Hulu, Rabu (11/9/2019) memusnahkan sejumlah barang bukti Hasil kejahatan tindak Pidana Umum yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Kegiatan Pemusnahan barang bukti tersebut di pimpin Langsung Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak SH, M.Hum di halaman Kantor Kajari Rohul, Komplek Perkantoran Pemda Rohul, Pasirpengaraian.

Turut Hadir dalam kegiatan pemusnahan barang bukti Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin S.I.P yang diwakili Danramil 02 Rambah Kapten Inf Junaedi, Wakapolres Rohul Kompol Willy Kartamanah, AKS. S.IP, Kalapas Kelas II B Pasirpengaraian Muhammad Lukman AMd Ip SH MSi, serta para Pejabat Struktural di Kajari dan Polres Rohul.

Dalam Laporanya, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Rohul Frederic Daniel Tobing S.H mengatakan, beberapa Barang Bukti yang dimusnahkan terdiri dari 190,63 gram narkoba jenis Sabu-sabu yang menjadi barang bukti dari 103 perkara. 

169,9 gram Daun ganja kering BB dari 10 perkara, 1 butir pil ekstasi BB dari 1 perkara, Kemudian 107 item Obat daftar G BB dari 1 perkara. 5 pucuk Senjata api dan 16 butir peluru BB dari 5 perkara dan Puluhan alat Judi BB dari 38 kasus.

"Pada kesempatan ini kita juga musnahkan 49 uang palsu pecahan 100 ribu dan 43 lembar uang palsu pecahan 50 ribu yang menjadi barang bukti kejahatan yang sudah mendapatkan kekuatan hukum tetap dari pengadilan" cakapnya.

Dalam Pemusnahan Barang bukti tersebut,  Khusus Barang Bukti narkoba Jenis Sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan kedalam air. Sementara Barang bukti 5 pucuk Senpi berserta 16 peluru, di musnahkan dengan cara di potong dengan Gerinda.  Dan untuk Barang bukti lain dimusnahkan dengan cara di bakar.

Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak SH, M.Hum mengatakan, pemusnahan barang bukti ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Kejaksaan Negeri Rohul. dimana, setiap tahun setiap Kajari diwajibkan melakukan 3 kali pemusnahan barang bukti yang sudah bersifat Ingkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap.  

 Barang bukti yang dimusnahkan kali ini merupakan barang bukti dari beberapa kasus yang ditangani kajari Rohul seperti Narkoba, Obat-obat daftar G, Uang palsu, judi, dan undang undang darurat yang sudah ingkrah dan memiliki kekuatan hukum tetap.

"Yang kita musnahkan hari ini merupakan barang bukti dari perkara yang sudah mendapatkan kekuatan hukum tetap dari Desember 2018 hingga september 2019. " terang Kajari.

Menurut Kajari, dengan telah adanya Putusan yang bersifat berkekuatan hukum tetap menjadi dasar bagi kejaksaan negeri Rohul untuk melakukan pemusnahan.

"Kita tidak ingin berlama-lama, kalau berlama-lama nanti bisa disalahgunakan itu yang kita hindarkan" terangnya.(*/ded)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pencanangan BBGRM ke-16 Kabupaten Bengkalis Tahun 2019 Resmi Dibuka
PBB di Ambang Kebangkrutan, Siapa Negara yang Nunggak Iuran?
Marzuki: Kalau Ada Staf yang Mempersulit, Laporkan ke Saya
Permen Susu White Rabbit Haram, Ada Kandungan Babi
"Kado" Belum Habis, Setelah Iuran BPJS Kesehatan, Tarif Listrik 900 VA Juga akan Naik

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad