Home  / 
KPU Riau akan Launcing Tahapan Pilgubri Tanggal 4 Februari
Selasa, 15 Januari 2013
PEKANBARU(riaueditor)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, akan memulai pelaksanaan Pemilihan Gubenur Riau (Pilgubri) tahun 2013. KPU Riau mensukseskan kegiatan ini telah menyusun tahapan-tahapannya sesuai hasil rapat pleno. Untuk tahapan awal pelaksanaanya, KPU Riau akan ada launching tanggal 4 Februari 2013.

Demikian disampaikan Lena Farida anggota KPU Riau Bidang Sosialisasi dihubung wartawan, Selasa (15/1). Ia mengatakan, tahapan-tahapan pelaksanaan Pilgubri tahun 2013 sudah disepakati dan disetujui KPU Pusat serta akan dibuat dalam bentuk buku saku. Disepakati itu tanggal-tanggal pelaksanaan dari Pilgubri.

"Tapi yang jelas untuk tanggal 4 Februari 2013 itu pelaksanaan lounching akan tahapan. Yakni tahapan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dilanjut pada tanggal 10 hingga 14 Februari itu pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang kemudian pada 4 Maret 2013 pelantikan PPK dan PPS," ungkapnya.

Tanggal 8 hingga 18 Maret itu tahapan Pemberitahuan DP4 oleh KPU Riau kepada Pemprov Riau. Selanjutnya tanggal 19 Maret hingga 7 April tahapan penyerahan kembali DP4 oleh Pemprov pada KPU Riau. Sedangkan tanggal 8 April 2013 proses penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Tanggal 22 Juli tahapan penetapan DPT.

"Namun perlu diingat, tanggal 3 Maret hingga 1 April 2013 dimulai pengumuman persyaratan bagi pasangan calon perseorangan untuk mendaftar. Dan, tanggal 2 hingga 8 April tahapan pengumuman dukungan pasangan calon perseorangan," kata Lena menegaskan, yang tadi ini merupakan untuk pasangan calon perseorangan.

Sedangkan untuk pasangan calon dari Partai Politik (Parpol) sebut Lena, mulai dilakukan tanggal 4 hingga 6 Juni tahapan pengumuma persyaratan bagi pasangan calon Parpol. Yang dilanjutkan, katanya tanggal 7 hingga 13 Juni pengumumanya pendaftaran pasangan calon Parpol ke KPU Riau ini dilakukan proses selekesi.

"Kemudian tanggal 13 hingga 15 Juli 2013 merupakan tahapan pendaftaranya bagi calon lolos seleksi, dilanjutkan penetapan penentuan nomor urut bagi pasangan calon Parpol. Tanggal 1 hingga 14 Agustus pengadaanya alat logistik. Tanggal 15 Agustus hingga 3 September distribusian logistik kabupaten/kota," katanya.

Namun sebutnya, tanggal 16 hingga 31 Agustus 2013 itu sudah bisa dilaksanakan kampanye dari masing-masing pasangan calon, baik dari pasangan perseorangan maupun dari parpol. Sedangkan di tanggal 1 hingga 3 September merupakan hari atau masa tenang. Dan pencoblosan dilaksanakan di tanggal 4 September 2013.

Lena mengatakan, karena prediksi KPU Riau itu pelaksanaan Pilgubri 2013 akan berlangsung dua priode. Maka katanya, jadwal putaran kedua juga telah disusun KPU Riau tanggal 30 Oktober 2013. Tanggal 17 September jadwal penetapan dan pengumuman pasangan terpilih. Tanggal 20 November pelantikan yang terpilih.(das)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter