Home  / 
Proyek Air Bersih di Inhu Hingga Kini Masih Misterius
Senin, 14 Januari 2013
PEKANBARU(riaueditor)- Proyek Air Bersih (PAB) yang berlokasi di Desa Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu (Inhu) dibangun atas makam nenek moyang dikeluhkan warga, serta melukai hati keluarga pemilik makam. Ternyata hingga kini masih menjadi misterius. Dikarenakan tidak ada kepastian pihak yang bertanggungjawab.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau yang dituding melaksanakan proyek juga mengakui tidak menangani proyek tersebut. "Kami telah selidiki, PAB yang berada di Lubuk Batu Jaya, Inhu dibangun di atas makam nenek moyang warga itu bukan gawenya PU Riau. Ini sesuai datanya dari konsultan kami.

Penegasan ini disampaikan Bagian Randal APBN Dinas PU Riau Lili E Prasasti kepada wartawan, Minggu (13/1) dihubungi melalui selulernya. Dikatakan, memang benar kalau Dinas PU Riau menangani sejumlah proyek di Kabupaten Inhu, baiknya itu dana APBD maupun APBN. Tapi pembangunan PAB di Lubuk Batu Jaya tidak ada.

"Sesuai keterangan dari sejumlah PPTK dan juga consultan kami yang menangani, baik APBD ataupun APBN ternyata itu tidak ada pembangunan PAB berada di Lubuk Batu Jaya, Inhu yang dibangun atas makam nenek moyang warga. Intinya di Dinas PU Riau tidak ada menangani proyek yang dikeluhkan warga itu," kata Lili.

Dikatakannya, pembangunan PAB dikeluhkanya warga ini sebaiknya tanyakan dulu ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu. Sebab sambungnya, bisa sajakan proyek tingkat kabupaten di instansi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang menjadi pemiliknya. Karena, ini untuk pembangunan tandem (bak penampung) air bersih.

Lili yang juga Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Permukiman ini mengatakan, pada intinya di Dinas PU Riau tidak adan pembangunan PAB di Kabupaten Inhu. "Tudingan adanya proyek siluman dilingkungan Dinas PU Riau melalui APBD/APBN. Itu jelas tidak benar. Sebab memang tidak ada. Silakan cek saja," katanya.

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, warga Desa Lubuk Batu di Kecamatan Lubuk Batu Jaya tengah melakukan protes terhadap pelaksanaan PAB ditenggarai dikerjakan melalui program APBN 2012 di Dinas PU Riau. Protes yang dilakukan warga ini disebabkan pembangunan tidak ada plang proyek itu diatas makam.

Terkait adanya keluhan warga ini, disikapi LSM Realita Riau setelah mendapat informasi dan meminta menindaklanjutinya. Ketua LSM Realita Riau Kamaruddin kepada wartawan, Kamis (10/1) melalu selulernya mengatakan, hasil investigasi dilapangan itu, memang proyek air bersih PU Riau diatas lahan pemakaman.

"Dari hasil investigasi kami (LSM Realita Riau,red) dilapangan memang ditemui seperti kondisi yang disampaikan warga Desa Lubuk Batu, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Inhu. Proyek berada atas lahan pemakaman. Maka, pembangunan PAB ini semesti dibongkar dan dihentikan. Karena ini tidak benar," katanya.(das)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter