Home  / 
Proyek Air Bersih Dibangun di Atas Makam, Diduga Proyek Siluman
2013-01-11 00:30:45
PEKANBARU(riaueditor)- Terkait keluhan warga Desa Lubuk Batu di Kecamatan Lubuk Batu Jaya terhadap pelaksana proyek air bersih di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) karena dibangun di atas makam nenek moyang mereka, Ketua LSM Realita Riau Kamaruddin kepada wartawan, Kamis (10/1) melalui selulernya mengatakan, hasil investigasi pembangunan proyek tersebut selain terjadinya kongkalikong juga diduga ini proyek siluman.

“Proyek ini muncul tanpa diketahui terlebih dahulu oleh warga, tidak ada musyawarah dilakukan. Semestinya, pada saat akan menetapkan lokasi pembangunan tapak proyek terlebih dahulu ada semacam musyawarah. Selain itu dilokasi tidak jelas apakah didanai melalui APBD atau APBN, dan tahun berapa. Sehingga kuat dugaan ini merupakan proyek siluman. Sebab pada APBD Riau atau Inhu tidak tercantum," katanya.

Sebab yang jelas tambahnya, ini merupakan proyek dilakukan Dinas PU Riau yang sesuai informasi didapatkan LSM Realita dari warga setempat. Makanya, terkait ini diminta Dinas PU Riau membatalkan proyek tersebut, sebab warga Desa Lubuk Batu yang pemilik makam nenek moyang mereka ini minta proyek dipindahkan.

Sementara terpisah, Kepala Dinas PU Riau melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Marjohan, Kamis (10/1) mengatakan, tidak mengetahui secara pasti halnya proyek air bersih di Desa Lubuk Batu, Kecamatan Lubuk Batu Jaya di Kabupaten Inhu. Tapi kalau di APBD Riau, tahun 2012 memang tidak ada proyek itu.

Mungkin saja itu, katanya proyek dari APBN yang dikelola oleh PU Riau. Tetapi untuk lebih jelasnya, coba saja hubungi Lilik yang dibagian Rencana Anggaran dan Pengendalian (Randal) APBN. "Bisa saja ada di
Randal APBN yang dikelola saudara Lilik. Mungkin lebih tahu. Saya rapat," balasanya SMS Marjohan.

Lilik dicoba untuk dikonfirmasikan hal ini, tidak berada diruangan kerjanya. Menurut pengakuan stafnya bernama Teddy dan Lia, bahwa saat ini Kepala Bagian Randal Lilik tidak berada ditempat. Karena sedang
berada di Pelalawan tinjau proyek APBN di daerah Kabupaten Pelalawan. "Besok saja datang," katanya.

Seperti diketahui, Pely (40) salah seorang tokoh masyarakat Desa Lubuk Batu menyesalkan adanya pembangunan proyek air bersih tepat di atas makam nenek warga setempat. Hal itu menurut warga karena pihak pelaksana proyek tidak melakukan musyawarah terlebih dahulu pada saat akan menetapkan lokasi pembangunan.

"Kita tahu bahwa proyek air bersih ini sangat membantu masyarakat, hanya saja tandon air jangan dibangunan di atas makam nenek moyang warga," katanya makam itu memang sudah tua, tapi bukan berarti anak cucu tidak peduli begitu saja. Kalau sudah begini bagaimana mereka hendak berziarah ke makam moyangnya.

Pely menyebutkan, selaku warga tentu tidak terima jika proyek itu dilanjutkan pengerjaannya. Karena sampai saat ini, pelaksana proyek dilapangan tidak ada  bertanggung jawab dan menjelaskan pada pihak
keluarga bersangkutan atas apa yang menjadi alasan mereka membangun proyek air bersih pada tempat itu.(das)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter