Home  / 
Proyek Air Bersih Dibangun di Atas Makam, Harus Dibongkar
Kamis, 10 Januari 2013
PEKANBARU(riaueditor)- Warga Desa Lubuk Batu di Kecamatan Lubuk Batu Jaya tengah melakukan protes terhadap pelaksana proyek air bersih di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Sebab pembangunan proyek melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau  dinilai tidak tepat, karena dibangun di atas makam nenek moyang mereka.

Terkait adanya keluhan warga ini, disikapi LSM Realita Riau setelah mendapat informasi dan meminta menindaklanjutinya. Ketua LSM Realita Riau Kamaruddin kepada wartawan, Kamis (10/1) melalui selulernya mengatakan, hasil investigasi dilapangan itu, memang proyek air bersih PU Riau ini diatas pemakaman.

"Dari hasil investigasi kami (LSM Realita Riau,red) dilapangan memang ditemui seperti kondisi yang disampaikan warga Desa Lubuk Batu, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Inhu. Proyek berada atas lahan pemakaman. Maka semestinya, pembangunan proyek air bersih mesti dibongkar. Karena jelas tidak benar," katanya.

Katanya, pembangunan proyek berada di atas makam nenek moyang warga setempat, ini jelas sangat melukai hati pihak keluarga, wajar saja diprotes. Kamarudin juga menduga, dalam pembangunan proyek semacam kongkalingkong dilakukan oleh oknum pejabat dilingkungan dinas PU Riau melalui di Bidang Cipta Karya.

"Kuat dugaan kami, pembangunan proyek air bersih Desa Lubuk Batu di Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Inhu yang diprotes warga ini ada kongkalikong. Dan lebih parahnya, proyek itu tidak ada plang pengumumannya. Maka, dugaan kongkalikong ini semakin jelas antara oknum Cipta Karya, kontraktor, dan Kepala Desa," katanya.

Dari pantauan itu, pembangunan, proyek berada dikawasan hutan yang jauh berada dari pemukimanya warga Desa Lubuk Batu. Sekarang kondisi fisik dari bangunan proyek diatas makam nenek moyang warga itu, diakui Kamaruddin telah berkisar 60 persen pengerjaan. Namun tidak diketahui apa didanai
APBD atau APBN, ungkapnya.(das)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter