Home  / 
Panitia Pilkades Desa Sungai Golang Dinilai Semena-mena
Rabu, 19 Desember 2012
RENGAT(riaueditor)- Desa Sungai Golang Kecamatan Kelayang Kab. Inhu akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 7 Januari 2013 nanti, saat ini Panitia Penyaringan Calon Kades sedang melakukan penerimaan calon, namun di dalam penerimaan bakal calon Kades ini Panitia Pilkades Desa Sungai Golang dinilai semena- mena.

Pasalnya panitia Pilkades desa Sungai Golang yang dipimpin oleh Marjan ini sering mengambil keputusan secara sepihak tanpa terlebih dahulu mengkoordinasikannya dengan para Calon, hal ini disampaikan oleh Saparudin salah seorang calon Kades yang merasa dirugikan oleh panitia Pilkades di Pematang Reba, Selasa (18/12).

Menurutnya, dirinya mencalon panitia menetapkan biaya sebesar Rp. 15 juta kepada setiap calon Kades, dan pada saat itu dirinya menyetorkan uang sebesar Rp. 5 Juta kepada Panitia dan berjanji akan melunasi sisanya.

Namun seiring dengan berjalanya waktu ternyata yang mencalonkan diri sebagai calon Kades Desa Sungai Golang hanyalah dirinya bersama dengan Kades incumben Marhalim, dan pada tanggal 9 Desember 2012 Panitia Pilkades mengembalikan berkas pencalonnya sebagai Kades dengan alasan yang tidak Jelas.

“Ketika hal ini saya tanyakan langsung kepada Panitia mereka mengatakan pengembalian berkas pencalonan tersebut dikarenakan dirinya belum melunasi uang pendaftaran calon, sementara batas waktu penyaringan belum habis,” katanya.

Kemudian panitia membuka kembali pendaftaran calon Tahap II, dan saya kembali mendaftarkan diri sebagai Calon Kades, namun ditolak oleh panitia dengan alasan yang sudah mendaftar pada pendaftaran pertama tidak bisa lagi mendaftar pada pendaftaran kedua, sementara Kades Incumben Marhalim yang juga mendaftar pada pendaftaran pertama diterima oleh panitia, ujarnya.

Saya melihat ada permainan antara panitia pilkades Desa Sungai Golang dengan Kades Incumben Marhalim yang dengan sengaja menghalang- halangi masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai Kades di Desa Sungai Golang ini, katanya lagi.

Masalah ini sudah kita sampaikan kepada pihak Kecamatan Kelayang dan juga Pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemaspemdes) Kab. Inhu, yang meminta agar permasalahan ini diselesaikan dulu Ditingkat Desa dan Kecamatan, jelasnya.

Sementara itu Kepala Bapemaspemdes Inhu, Drs. Suratman ketika dihubungi melalui selulernya, Selasa (18/12) meyampaikan bahwa pihaknya tidak bisa ikut campur dalam masalah ini, jika ada terjadi permasalahan agar dapat diselesaikan di tingkat Kecamatan terlebih dahulu, ujarnya singkat.(ali)



Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter