Home  / Sport
ANALISIS
Cristiano Ronaldo, Robot yang Tetap Kuat di 35 Tahun
Rabu, 5 Februari 2020 | 09:24:16
(Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Cristiano Ronaldo merayakan ulang tahun ke-35 hari ini.
JAKARTA - Cristiano Ronaldo tidak menunjukkan tanda-tanda akan pensiun di usia 35. Ronaldo terus menunjukkan permainan luar biasa layaknya robot.

Saat Ronaldo merayakan ulang tahun ke-34 tahun lalu, banyak orang yang mengatakan pemain asal Portugal itu sedang menjalani masa-masa terakhir dalam kariernya. Di saat bersamaan Ronaldo memang menunjukkan permainan yang menurun.

Ronaldo hanya mampu membawa Juventus merebut Scudetto. Juventus dikalahkan Ajax Amsterdam di perempat final Liga Champions dan ditaklukkan Atalanta di perempat final Coppa Italia.

Meski terpilih sebagai pemain terbaik Liga Italia musim lalu, total Ronaldo hanya mampu mencetak 28 gol dari 43 penampilan bersama Juventus. Catatan itu menurun drastis dari musim sebelumnya saat Ronaldo mencetak 44 gol dari 44 laga bersama Real Madrid.

Tapi ketika bicara tentang Ronaldo, maka kita akan membicarakan salah satu atlet terhebat dalam sejarah sepak bola. Ronaldo tidak akan membiarkan kritikan membuatnya jatuh. Hal itu dibuktikan Ronaldo bersama Juventus belakangan ini.

Torehan dua gol ke gawang Fiorentina akhir pekan lalu membuat Ronaldo selalu mencetak gol dalam sembilan laga terakhir bersama Juventus. Pemain terakhir yang mampu melakukannya bersama I Bianconeri adalah David Trezeguet pada 2005.

Kini Ronaldo sudah mencetak 50 gol untuk Juventus. Hebatnya, mantan pemain Sporting Libson, Manchester United, dan Sporting Lisbon itu melakukannya hanya dalam 70 pertandingan.

"Merasa senang bisa kembali meraih kemenangan dan senang bisa mencetak gol lagi di stadion kami. Bangga bisa mencapai 50 gol," tulis Ronaldo melalui Twitter usai laga melawan Fiorentina.

Ronaldo, bersama Lionel Messi, adalah pesepakbola langka. Kedua pemain itu bisa menjaga permainan di level tinggi selama lebih dari satu dekade. Menariknya, kedua pemain ini sering dianggap sosok pesepakbola yang berbeda.

Messi sering disebut sebagai pesepakbola dengan bakat alami, sedangkan Ronaldo layaknya robot yang dibentuk menjadi sempurna. Ronaldo akan menghabiskan banyak waktu di gym dan melakukan latihan ekstra hingga berjam-jam demi menjaga bentuk tubuh dan menyempurnakan kemampuan.

CR7 Si Magnet

Kehadiran Ronaldo di Juventus tidak hanya memberi efek positif bagi klub asal Turin itu. Belum genap dua musim di Juventus, Ronaldo sudah mengubah Liga Italia menjadi kompetisi yang kembali meriah.

Musim ini Serie A kembali kedatangan pemain-pemain ternama yang menghidupkan kompetisi. Pemain yang sebelumnya berkarier di Premier League, seperti Romelu Lukaku, Ashley Young, Christian Eriksen, dan Chris Smalling mulai meramaikan Liga Italia.

Selain itu ada nama Franck Ribery, Zlatan Ibrahimovic, Alexis Sanchez, dan Diego Godin yang dianggap sebagai bintang sepak bola. Deret nama itu membuat Liga Italia kembali meriah musim ini.

Cristiano Ronaldo meningkatkan pendapatan Juventus. (Alessandro Di Marco/ANSA via AP)

Efek Ronaldo juga terus dirasakan Juventus. Berdasarkan laporan Deloitte dikutip dari CNN, pendapatan Juventus naik hingga 17 persen sejak kedatangan Ronaldo musim lalu. Data itu membuat Ronaldo juga menjadi magnet di luar lapangan.

Bicara soal Ronaldo, maka kita juga bicara soal sosok paling populer di media sosial. Terakhir CR7 menjadi orang pertama yang memiliki 200 juta pengikut di Instagram. Angka itu membuktikan kalau karier Ronaldo belum habis. Ronaldo masih menjadi daya tarik.

Tidak bisa dipungkiri, 35 tahun bukan usia emas untuk pesepakbola. Ronaldo pun mengakui dia bisa saja pensiun usai musim ini.

"Saya tidak memikirkan pensiun. Mungkin saya bisa meninggalkan karier sebagai pesepakbola tahun depan, tapi saya juga bisa bermain hingga 40 atau 41 tahun. Saya selalu mengatakan ingin menikmati karier ini," ujar Ronaldo.

Jika melihat penampilan Ronaldo bersama Juventus musim ini maka tanda-tanda pensiun CR7 masih jauh. Pasalnya, Ronaldo masih bisa bermain dua hingga tiga tahun lagi di level tertinggi.

Sementara itu kita harus benar-benar bisa memanfaatkan momen ini. Kita harus bisa menikmati aksi-aksi Ronaldo selagi bisa, karena Ronaldo pesepakbola langka yang tidak muncul satu tahun sekali.

Selamat ulang tahun, Cristiano Ronaldo! 

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Fantasi Ronaldo-Messi Satu Tim di Juventus
Peluang Duet Messi-Ronaldo di Juventus
Ronaldo Puji Pemain Anyar MU Bruno Fernandes
Ronaldo Mau Jadi Bintang Film Setelah Gantung Sepatu
Khabib Terharu Ronaldo Bermain Bola dengan Fan Difabel

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad