Home  / Sport
Ozil Tersenyum dan Arsenal pun Menang
Kamis, 2 Januari 2020 | 15:49:16
(AP Photo/Frank Augstein)
Mesut Ozil bisa menjadi pembeda di tim Arsenal.
JAKARTA - Mikel Arteta langsung menghampiri Mesut Ozil usai Arsenal mengalahkan Manchester United di Stadion Emirates, Kamis (2/1) malam waktu setempat. Ozil dengan wajah semringah langsung memeluk Arteta.

"Selamat, permainan yang bagus," ujar Arteta kepada Ozil. Gelandang asal Jerman itu adalah pemain pertama di lapangan yang dihampiri dan dipeluk Arteta.

Secara statistik saat Arsenal melawan MU catatan Ozil tidak terlalu mengilap. Gelandang asal Jerman keturunan Turki itu tidak mencatatkan gol atau pun assist. Namun, Ozil pantas disebut sebagai salah satu kunci kemenangan Arsenal.

Gol pertama Arsenal yang dicetak Nicolas Pepe pada menit delapan berawal dari usaha Ozil yang merebut bola dari penguasaan bola MU. Dari keberhasilan Ozil merebut bola Arsenal membangun serangan yang berujung dengan gol Pepe.

Ozil juga turut berperan dalam gol kedua Arsenal yang dicetak Sokratis Papastathopoulos pada menit ke-42. Sebuah umpan cantik gelandang 31 tahun itu berhasil meloloskan Ainsley Maitland-Niles di sisi kiri pertahanan Arsenal dan membuahkan sepak pojok yang berakhir dengan gol Sokratis.

Kontribusi permainan Ozil saat Arsenal melawan MU mungkin tak kasat mata. Who Scored juga menunjukkan Ozil tidak terlalu mengilap secara statistik dalam permainan dan hanya mendapat 6,69 poin.

Namun, Arteta sadar permainan Ozil sangat penting di lini tengah Arsenal. Pelatih asal Spanyol itu sejak awal menargetkan Ozil sebagai pemain kunci yang bisa memberikan perbedaan. Ozil merupakan salah satu pemain senior di skuat Arsenal, baik dari usia dan pengalaman.

Arsenal bisa mendapat banyak keuntungan dari Ozil, tidak hanya soal gol dan assist, tapi juga kepemimpinan. Sudah menjadi rahasia umum Arsenal sudah tidak memiliki pemimpin seperti Tony Adams, Patrick Vieira, Thierry Henry, Cesc Fabregas, atau Robin van Persie.

Selama ini Ozil sering dicap sebagai pemain pemalas. Tapi, permainan yang ditunjukkan mantan pemain Real Madrid itu saat melawan MU menunjukkan Ozil bisa menjadi pemimpin di lapangan lewat permainan tanpa kenal lelah.

Menjaga Mood

Sejak kedatangan Ozil ke Stadion Emirates pada 2013 tidak pernah ada pelatih yang mampu 'mengendalikan' sang gelandang. Arsene Wenger, Unai Emery, hingga Freddie Ljungberg selalu gagal membuat Ozil mengeluarkan penampilan terbaik.

Selama ini para pelatih Arsenal mengendalikan Ozil dengan cara yang salah. Mood Ozil harus dijaga. Selama Ozil bisa tersenyum dan menikmati permainan, maka Arsenal akan sangat terbantu dengan kehadiran mantan pemain timnas Jerman itu. Seperti yang terjadi saat melawan MU, Ozil mampu menjadi pembeda tanpa kontribusi gol dan assist.

"Lihat Ozil. Saya pikir ini kali pertama saya melihat dia tersenyum dalam 18 bulan terakhir. Itu menunjukkan kalau dia menikmati latihan, menikmati waktu di tim," ujar mantan bek MU, Rio Ferdinand.

Arteta terlihat ingin melakukan pendekatan yang berbeda terhadap Ozil. Mantan tangan kanan Pep Guardiola di Manchester City tidak ingin menerapkan pendekatan 'tangan besi' seperti yang dilakukan Emery terhadap Ozil.

Arteta berusaha menjaga mood Ozil dan ingin melihat dia lebih banyak tersenyum. Arteta ingin memberi Ozil kebebasan bermain di lini tengah dan membangun fondasi permainan The Gunners dari mantan pemain Werder Bremen itu.

Jika itu memang menjadi rencana Arteta, maka itu cukup masuk akal. Pasalnya meski sudah 31 tahun, Ozil tetap menjadi salah satu gelandang kreatif terbaik di dunia saat ini. Ozil merupakan salah satu pemain dengan torehan assist terbanyak dalam satu dekade terakhir, yakni 106 assist, hanya kalah dari Angel Di Maria dan Lionel Messi. 

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Hadapi Wabah Virus Corona, Budi Artiful: Tim Medis Harus Diberi Perhatian Khusus
Golkar Pelalawan Persiapkan Konsolidasi Partai, Usung Adi Sukemi Calon Bupati
PM Inggris Boris Johnson Positif Virus Corona COVID-19
Olimpiade Ditunda, Para Atlet Veteran Terancam Gagal Tampil
Resmi: Olimpiade 2020 Tokyo Ditunda

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad