Home  / Sport
Cerita Timnas Brasil yang Masih ‘Biasa Aja’ di Copa America
Kamis, 20 Juni 2019 | 06:37:20
Photo : Instagram/@cbf_futebol
Skuat Timnas Brasil di Copa America 2019
Timnas Brasil dianggap belum konsisten. Kira-kira begitu pembahasan yang kali ini akan diperbincangkan. Anggapan ini tak lepas dari penampilan Selecao di Copa America 2019. Lantas, mampukah Brasil dengan segudang bintangnya dan dukungan publik tuan rumah menjadi yang terbaik lagi di Amerika Latin?

Ceritanya dimulai di Stadio do Morumbi, Sao Paulo, panggung tempat pertandingan pembuka kompetisi internasional tertua di muka bumi digelar. Dalam matchday 1 Grup A, Brasil bertemu dengan Bolivia, lawan yang jelas kualitasnya berada di bawahnya.

Benar saja, Tite dan pasukannya tampil beringas. Brasil menggilas Bolivia dengan skor meyakinkan 3-0. Philippe Coutinho yang kesulitan bikin gol di Barcelona, justru tokcer. Ia mampu mencetak brace, sementara sumbangan satu gol lainnya dibuat oleh pemain muda, Everton Soares.

Kemenangan besar di laga perdana, seakan membuat publik yakin bahwa Brasil masih tajam meski tak diperkuat sang megabintang, Neymar. Seperti yang diketahui, pemain termahal di dunia ini harus absen di gelaran ini akibat kembali dihantam cedera metatarsal.

Setelah itu, Venezuela jadi lawan Brasil selanjutnya. Punya modal positif dan tentunya dukungan suporter fanatiknya, Brasil diprediksi menang telak lagi. Sebab, Jose Salomon Rondon cs juga bukan lawan sepadan buat Brasil.

Akan tetapi, kejutan justru dibuat Venezuela. Di luar dugaan, pasukan Rafael Dudamel mampu menahan imbang Brasil 0-0 dalam matchday 2 di Arena Fonte Nova, Salvador. Meski mampu menguasai jalannya pertandingan, nyatanya Brasil mandul di pertandingan ini. 

Ada dua pandangan yang lahir soal hasil tak memuaskan Brasil ini. Yang pertama, secara teknis Roberto Firmino melempem di penyelesaian akhir. Yang kedua, Brasil bisa dikatakan kurang beruntung. Sebab dalam laga melawan Venezuela, ada dua gol yang dinulir wasit bersama teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Gol Gabriel Jesus dan Coutinho jadi korbannya. Jesus dianggap terjebak dalam posisi offside, sementara gol Coutinho dibatalkan setelah hands ball yang dilakukan Firmino. Lantas, dengan permainan seperti ini apakah Brasil bisa menjadi juara di episode ke-46 Copa America?

Tite Meradang

Tite pun meradang. Pelatih berusia 58 tahun ini sepertinya tahu Thiago Silva cs tak menjalankan instruksinya. Alih-alih mencoba memecah kebuntuan, gaya bermain yang dipertontonkan justru dinilai Tite keluar dari pakem permainan Brasil.

Kecewa, sudah pasti. Makanya, Tite tak segan menyebut para pemainnya tak punya kepekaan. Ada alasan kuat mengapa Tite kesal. Instruksi untuk tak berhenti melakukan operan dan mencari ruang, justru tak digubris.

"Ya, saya memilki masalah. Para pemain tidak tidak peka. Tapi, kami harus tahu bagaimana cara mengatasi kesulitan. Saya terus meminta kepada mereka di babak kedua (melawan Venezuela), 'tetap bertukar operan dan mencari ruang'," kata Tite dikutip Goal.

"Itulah cara kami bermain, tidak ada gunanya mencoba melakukan hal yang berbeda. Itu bukan ide kami. Itu tida sesuai dengan karakter para pemain," ucapnya.

Kegagalan Brasil meraih kemenangan saat menghadapi Venezuela, bisa dipastikan Tite lantaran masalah teknis. Sebab, saat ditanya soal dua gol yang dianulir oleh wasit akibat VAR, Tite merasa bukan itu masalahnya. Menurutnya, keputusan wasit menganulir gol Gabriel dan Coutinho sudah tepat. Jadi, Tite menegaskan tak mempermasalahkan hal itu.

"Itu adil. Jika saya berada di pihak lawan, saya akan puas. Saya sama sekali tidak perlu mengeluh (dianulirnya gol Gabriel dan Coutinho)," kata Tite.

Kapten Vs Suporter

Dampak lainnya yang juga dirasakan akibat hasil imbang melawan Venezuela adalah kekecewaan suporter. Buktinya, Brasil justru jadi bahan cemoohan oleh pendukungnya sendiri. 

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Timnas Indonesia U-18 Bantai Timor Leste
Brasil Juara Copa America 2019
Kalahkan Chile 3-0, Peru Lawan Brasil di Final Copa America
Kalahkan Argentina, Brasil ke Final Copa America 2019
5 Fakta Menarik Jelang Semifinal Copa America: Brasil Vs Argentina

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad