Home  / Senibudpar
Dispar Riau Targetkan Atraksi Budaya Setiap Daerah Masuk Kalender Iven
Senin, 13 Juli 2020 | 18:21:05
Kadispar Provinsi Riau Rony Rakhmat
PEKANBARU - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau terus melakukan pengembangan untuk memajukan sektor pariwisata "Bumi Lancang Kuning". Salah satunya, menarget supaya atraksi budaya di setiap daerah setempat masuk dalam kalender iven wisata tahunan.

Kadispar Provinsi Riau Rony Rakhmat mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan kajian untuk memantapkan rencana tersebut.

"Pariwisata berbasis budaya menjadi salah satu poin yang tertuang dalam visi-misinya Pak Gubernur, saat ini kita sedang ploting, dan kita sudah memulainya dari hal-hal kecil. Misalnya dari sisi kehidupan, sisi pengenalan, itu kita menonjolkan unsur kemelayuan," kata Rony, Senin (13/7/2020) di Pekanbaru.

Terangnya, ada banyak potensi yang bisa diangkat untuk mendukung hal tersebut, baik menyangkut sisi kehidupan masyarakatnya, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti sovenir yang dijual, maupun dari pagelaran atraksi budayanya.

"Atraksi budaya daerah itu akan kita majukan lagi dengan melibatkan dinas kebudayaan provinsi dan kabupaten kota setempat. Misalnya di Rimbang Baling, kalau mereka mengadakan syukuran, di sana itu memotong kerbau, kemudian mengaraknya dengan 4 perahu layar, nah ini kan bisa kita promosikan," tuturnya.

"Itu baru salah satu, dan dari daerah lain mungkin masih banyak atraksi budaya yang saat ini banyak orang tidak tahu lagi tentang itu. Jadi ini yang mau kita angkat kembali sesuai visi-misi Pak Gubernur," tambahnya.

Namun demikian, kata Rony, pihaknya lebih dahulu harus membuat skenario agar atraksi budaya di masing-masing daerah layak untuk dipromosikan dan memiliki nilai jual.

"Kita harus buat dulu skenario bagaimana atraksi budaya ini bisa layak untuk dijual sehingga kedepannya bisa dijadikan iven-iven tahunan. Insyaallah jadi, karena setiap daerah pasti ada (atraksi budaya)," demikian Rony. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
BKSDA Riau Halau Gajah Liar Masuk Kampung
Tambah 18 Kasus Positif Covid-19, Rohil Masuk Zona Merah
KPK Tunggu Laporan BPK soal APBN Masuk Rekening Pribadi
KPK Dalami Temuan BPK terkait Anggaran Negara Masuk ke Rekening Pribadi di Beberapa Kementerian
ITB Jelaskan Syarat Jaminan Rp100 Juta untuk Calon Mahasiswa

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter