Home  / Senibudpar
Pariwisata RI Terpukul Corona, Nasib Jutaan Pekerja Terancam
Senin, 23 Maret 2020 | 19:31:35
(Dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Foto: Kunjungan Menteri Pariwisata Wishnutama ke Mandalika dan Labuan Bajo
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan  wabah Covid-19 telah memukul sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Lewat Press Statement melalui Channel Youtube Kemenparekraf, Wishnutama mengatakan bahwa industri pariwisata dalam hal ini bermakna luas.  Tidak hanya perhotelan, tapi juga ada restoran, event organizer (EO), ataupun travel agency.

"Jika kita bicara sektor, kami harus katakan bahwa sektor pariwisata adalah sektor yang paling pertama terdampak dan mempunyai tantangan sangat besar dalam menghadapi dampak wabah Covid-19. Jika kita bicara sektor pariwisata, saya tidak hanya bicara mengenai hotel, restoran, event organizer, tarvel agent, dan lain-lain, ada jutaan pekerjaan di dalamnya seperti usaha kecil menengah," ujar Wishnutama.

Dia menuturkan bahwa dalam waktu dekat ini pemerintah akan segera mengumumkan langkah-langkah konkret terkait hal-hal di atas. Pemerintah akan mengeluarkan stimulus ekonomi agar meringankan beban dan biaya untuk para pelaku usaha dan sektor ekonomi pariwisata.

Untuk saat ini, Kemenparekraf sedang melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait untuk mewujudkan langkah tersebut. Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Menparekraf mengatakan bahwa Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sejalan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Ini agar mengurangi potensi PHK karyawan di sektor tersebut. Presiden menaruh perhatian yang sangat besar dan sangat tinggi pada sektor pariwisata bagi sektor perekonomian," paparnya.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Studi: 1 dari 3 Anak Muda Rentan Terinfeksi Covid-19 Parah
9 Positif, Penjual Tahu Kupat di Solo Jadi Klaster Baru Covid
Maaf Pak Jokowi! Pengusaha Tak Percaya Puncak Corona Agustus
Singapura, Malaysia, Thailand & RI: Kompak di Jurang Resesi
Dua dari Tiga Pasien Covid-19 Riau Tak Memiliki Riwayat Perjalanan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter