Home  / Senibudpar
Hobi Tantangan.. Kuansing Punya Arung Jeram yang Memacu Adrenalin
Selasa, 8 Januari 2019 | 08:01:03
ist.
Potensi Arung Jeram di desa Pangkalan Indarung kecamatan Singingi.
KUANSING, riaueditor.com - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kaya potensi wisata walaupun belum tergarap maksimal. Bagi yang suka berpetualang dan menantang derasnya air sungai, negeri jalur ini punya kawasan arung jeram yang cukup ekstrim yang terletak di desa Pangkalan Indarung kecamatan Singingi. 

Keunikan lainnya, di desa ini juga ada lubuk larangan, pengunjung dapat menyaksikan ikan larangan yang punya hikayat sejak dulu kala. Lubuk larangan ini juga yang mengantarkan desa ini mendapat penghargaan Kalpataru dari Kementrian Lingkungan Hidup.

Lokasi arung jeram berada di hulu desa tersebut, berasa sekitar lima kilometer di perbatasan provinsi Sumatera Barat. Kawasan ini berada di kaki Bukit barisan yang menjadi punggung pulau Sumatera.

Karena itu bagi yang sampai ke daerah perbatasan dan lalu bergerak ke arah hilir hingga desa Pangkalan Indarung akan menjumpai tantangan arung jeram. Ini bagian dari sungai Singingi, karena itu jika hendak menyusuri lebih ke hilir akan sampai di kelurahan Muara Lembu.

Kalau panorama pemandangan jangan ditanya. Hutan dan perbukitan di sepanjang sungai akan membuat pengunjung menjadi segar dan damai berada di alam bebas.

Begitu juga dengan kondisi air yang sangat jernih karena berada di kawasan hutan suaka marga satwa. Suara gemericik dan deru air akan menjadi suguhan yang dinikmati selama menyusuri sungai ini saat berarung jeram.

Jika dikelola dengan baik, objek ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan bagi Kuansing, terutama untuk pecinta arung jeram uji adrenalin.

Namun, sayangnya objek wisata alam nan indah ini belum terkelola dengan baik. Padahal jika dikembangkan lagi dengan cepat akan dapat mendatangkan PAD bagi daerah.

"Tidak hanya untuk pecinta arung jeram, Objek wisata lainya yang lebih menarik adalah air terjun yang begitu indah untuk menarik minat pengunjung berwisata ke sana," ujar Hendri, salah satu warga yang ditemui saat berkunjung ke objek wisata alam desa Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi.

Ia mengakui, bahwa destinati ini sangat indah dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Menurut Hendri, objek wisata yang ada di sini, perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah dan provinsi, teruma untuk akses jalan menuju lokasi, karena saat ini akses jalan sangat tidak memungkinkan untuk dilalui.

"Jika akses jalan sudah lancar, saya yakin, pengunjung tidak akan berfikir untuk datang. Maka dari itu, pemerintah perlu memberi perhatian lebih.

Lebih lanjut Hendri mengatakan, daerah sangat rugi jika tidak bisa memanfaatkan Objek wisata ini, karena alamnya sangat indah.

"Nah, sekarang tinggal lagi bagaimana pemerintah daerah mempoles objek tersebut, hingga membuat pengunjung bisa merasa nyaman saat berada di sana," pungkasnya. ***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Persiapan Pilkada 2020, Bawaslu Riau Kunjungan Kerja Ke Kuansing.
Pelaksanaan TMMD ke-104 Tahun 2019 Buka Akses Pertanian
Kegiatan Non Fisik TMMD Ke-104 Gunung Toar Beri Penyuluhan Keagamaan Kepada Warga
Jokowi Wacanakan Kebijakan Bersarung Sehari
Satgas TMMD Gelar Doa Bersama

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad