Home  / 
Pertumbuhan Ekonomi Riau 2018 Hanya 2,34 Persen
Rabu, 6 Februari 2019 | 14:48:46
Aden Gultom
PEKANBARU, riaueditor.com - Sepanjang tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Riau 2,34 persen jauh dibawah pertumbuhan nasional yang rata-rata 5,17 persen. Penurunan ini merupakan dampak dari melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Aden Gultom, Rabu (6/2/19). Ia mengatakan laju pertumbuhan ekonomi Riau hanya tumbuh sebesar 2,34 persen. Sementara tahun 2017 sebesar 2,68 persen

"Riau PDB nya besar. Tapi pertumbuhannya kecil. Kenapa, karena Riau adalah sentra produksi minyak yang selama ini terbesar di Indonesia. Nah, minyak kita itu sejak tahun 2011 mengecil terus. Artinya nilai rupiah yang kita dapatkan juga mengecil. Maka dampaknya pertumbuhannya selalu kecil", ujarnya.

Khusus untuk Riau kata Aden Gultom, dua kali kena. Disamping minyaknya turun, kelapa sawit menjadi andalan dan karet, juga turun di pasar dunia. Sehingga nilainya di Riau pun ikut mengecil. 

Selain itu, melemahnya pertumhuhan ekonomi ini merupakan dampak dari perang dagang Amerika dengan Tiongkok terutama pada triwulan IV 2018. Alhasil,  pertumbuhan ekonomi Tiongkok melemah di posisi 6,4 persen terendah dalam 10 tahun terakhir. 

Kondisi ini menyebabkan ekonomi Riau pada triwulan IV hanya mampu tumbuh sebesar 1,28 persen jika dibandingkan dengan triwulan IV tahun 2017 lalu.

Aden Gultom menambahkan, ada beberapa faktor yang menyumbangkan pertumbuhan ekonomi Riau. Yaitu bidang jasa, jasa perusahaan serta perdagangan. 

Sementara, sektor unggulan seperti pertanian, pertambangan dan industri justru tidak terlalu memberikan dampak yang cukup signifikan.

Menurut Aden Gultom di Riau sektor jasa, yaitu meliputi jasa perusahaan (kontruksi) dan perdagangan cukup memberikan andil terhadap pertumbuhan ekonomi Riau sepanjang tahun 2018. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ekonomi RI Diragukan Tumbuh 5,02%, Kenapa?
Janji 7% Jokowi Basi, Ekonomi RI Tak Meroket Malah Keok!
Blak-Blakan Bos Samsung: Ekonomi RI Memang Sedang Sulit
Riau Urutan 11 Kasus HIV/AIDS di Indonesia
Tiga BLK di Riau akan Dihibahkan ke Pusat

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad