Home  / Puspen TNI
Satgasrat Brigif R-9 Kostrad Gelar Penyuluhan Bahaya Covid-19 di Jajaran Tempurnya
Senin, 16 November 2020 | 02:00:43
(Pen Lat Ancab 2020)
BATURAJA - Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di jajaran tempurnya, Komandan Satgasrat Brigif R-9/DY Kostrad Kolonel Inf Yoyok Pranowo, S.I.P. mengirim Kompi Kesehatan Lapangan (Kikeslap)-2 untuk menggelar penyuluhan kesehatan terkait bahaya Covid-19 ke pos-pos pertahanan satuan jajaran pada Latihan Antar Kecabangan TNI AD TA 2020 di Puslatpur, Baturaja, Sumatera Selatan, Minggu (15/11/2020).

"Penyebab Covid-19 adalah Coronavirus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)," jelas Danton Kikeslap-2 Letda Ckm dr. Randi saat memberikan penyuluhan di Jajaran Satgasrat 9/2  DY Kostrad.

Gejala umum Covid-19, papar dr. Randi, antara lain demam disertai batuk dan pilek serta kelelahan. Selain itu dapat juga berupa nyeri tenggorokan, diare, hilang indra perasa dan penciuman, rasa nyeri, sakit kepala dan muncul konjungtiva merah atau ruam pada kulit. Sedangkan gejala serius ditandai dengan sesak nafas dan nyeri dada serta tidak mampu berbicara maupun kesulitan gerak, puncaknya dapat mengakibatkan kematian, apalagi jika orang yang terinfeksi memiliki penyakit penyerta seperti Diabetes, Hipertensi dan Kanker.

Sementara itu, lanjutnya, cara diagnosis Covid-19 dapat diketahui berdasarkan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik Coronavirus. "Penularannya sederhana sekali, yaitu melalui droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin, kontak pribadi seperti menyentuh,berjabat tangan atau menyentuh benda, permukaan dengan virus diatasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata sebelum mencuci tangan," ujarnya 

Dihadapkan pada situasi dan kondisi di medan tempur, para prajurit di lapangan dihimbau untuk memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan pribadi, seperti lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun dibilas dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

"Konsumsi gizi seimbang, suplemen vitamin dan menjaga jarak saat beraktivitas fisik, istirahat yang cukup, tidak merokok, tutup mulut saat batuk dan bersin dengan lengan atas, saputangan atau tisu," imbuhnya. (Pen Lat Ancab 2020)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Gubri Syamsuar tetap Jalani Aktifitas Pemerintahan
Ketum JMSI Berharap Wartawan Kelompok Penerima Vaksin Covid-19 Tahap Satu
RSUD AA Siapkan Tempat Vaksinasi Sendiri Bagi Nakesnya
Susah Cari Rumah Sakit, Pasien COVID-19 Meninggal di Taksi Online
Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama di Provinsi Papua

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter