Home  / Puspen TNI
Danlanud Rsn, Damai Natal Membawa Sukacita Bagi Kita Dan Sesama.
Minggu, 29 Desember 2019 | 11:53:42
riaueditor
PEKANBARU, riaueditor.com - Perayaan Natal tahun 2019 haruslah membawa perubahan, kita berada didalam kemajemukan haruslah mampu berkontribusi positif dalam keberagaman baik suku, agama maupun ras,  sehingga damai Natal membawa sukacita bagi kita dan sesama.

Demikian apa yang dikatakan oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto MoningkaS.T, M.M, saat akan menghadiri puncak perayaan Natal Agung Oikumene Gereja-Gereja, TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Riau Tahun 2019 di GOR Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Jumat (27/12/19).

"Kita yakin  apabila  damai Natal membawa suka cita, kebersamaan dalam kemajemukan dan perbedaan maka berarti mendukung makna Riau sebagai negeri bermarwah artinya memiliki kepribadian yang jujur dan memiliki karakter yang kuat sedangkan Pekanbaru sebagai Kota Madani artinya Kota yang menerima perbedaan baik suku, agama maupun Ras,"ucap Ronny.

Pada saat Ibadah Perayaan Natal tahun 2019, Kotbah Natal yang disampaikan oleh Mantan Ephorus (Pucuk Pimpinan) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pdt Jaharianson Saragih, STh, MSc, PhD, diambil dari tema Natal 2019 "Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang" (Yohanes 15: 14-15).

Pada acara Natal Umum, Ketua Panitia Kolonel Inf Patar Sitorus (Kasi Ops Korem 031/WB) dalam sambutannya dirinya berharap, agar umat Kristiani dapat bersatu dalam ikatan Tuhan.

Selain itu, Kolonel Inf Patar Sitorus juga mengucapkan selamat hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Patar Sitorus juga berterima kasih terhadap seluruh komponen yang telah terlibat dalam terselenggaranya acara ini, khususnya Panitia dan juga pengamanan dari TNI, Polri, Satpol PP, Banser NU dan lainnya.
 
Ketua Panitia Natal Kolonel Patar Sitorus juga memaparkan, bahwa dalam perayaan Natal kali ini, Panitia menggelar sejumlah kegiatan sebagai rangkaian. Antara lain; Bakti Sosial, Donor Darah, Pemberitan Bantuan kepada Desa-Desa Korban Banjir di Provinsi Riau, kegiatan-kegiatan ini dilakukan tanpa memandang Panti Asuhan itu apakah milik Yayasan Kristen atau Muslim sebagai wujud persahabagan Umat Kristiani di Provinsi.

Dalam acara perayaan Natal akan ditampilkan Paduan Suara Gabungan TNI, Polri dan ASN,  serta persembahan lagu Natal dari Bintang tamu Artis Maria Stella. Perayaan Natal kali ini juga menampilkan Tari Nusantara yang menampilkan mewakili 8 etnis/ daerah Indonesia," ungkap Ketua.

Setelah Sambutan Ketua Panitia Natal, dilanjutkan Sambutan Ketua Badan Kerjasama Gereja se Riau (BKGR).

"Shalom, marilah kita bersama menyambut dengan antusias Natal tahun ini, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan cinta kasih oleh Tuhan Yesus dan juga saya secara pribadi mengucapkan selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," ucap Pdt Dr Muchlis Manao (Ketua BKGR).

Selanjutnya hal senada Gubernur Riau, Drs H Syamsuar, M Si dalam sambutannya mengatakan, bahwa di tengah-tengah sukacita Natal ini, saya selaku Gubernur Riau mengucapkan Selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung berlangsungnya kegiatan Natal Oikumene ini, hal ini karena setiap umat beragama bebas dalam melaksanakan hari kebesarannya.

"Dengan terselenggaranya acara ini kita sesama umat beragama dapat saling menghormati dan dapat saling menyayangi antar umat beragama, dapat membangun rasa persatuan dan kesatuan berbangsa. Mari kita tingkatkan kualitas moral masyarakat dengan nilai-nilai kebudayaan dan ajaran agama. Semoga perayaan Natal Oikumene ini membawa kebahagiaan dalam perayaannya dan dapat membangun Provinsi Riau kedepan," kata orang no 1 Provinsi Riau ini. 

H Syamsuar juga menjelaskan, bahwa dalam ajaran Islam juga dikatakan Islam adalah Rahmatan Lil Alamin, oleh sebab itu, sebagai sesama warga Negara Republik Indonesia, wajib untuk saling menghormati dan menghargai, disisi lain Islam juga memberikan rahmat kepada alam termasuk kepada semua umat beragama di dunia. 

"Riau memiliki Multi Etnis. Tak ada cara lain menghadapi kemajemukan kecuali saling menghormati, saling menghargai dalam Bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, saya mengajak seluruh umat Kristiani di Riau berpartisipasi aktif bersama membantu Program Pemerintah, antara lain mengentaskan kemiskinan, memberantas Narkoba, mencegah Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), membangun Infrastruktur daerah, meningkat kualitas Sumber Daya Manusia, pelayan kesehatan dan lainnya.

Kemudian Gubenur H.Syamsuar didampingi Kolonel Inf Patar Sitorus dan Pdt Dr Muchlis Manao, acara dilanjutkan Penyerahan Tali Kasih kepada Panti Asuhan Kemurahan Agape, Rumah Bahagia Pelita Kasih, Panti Asuhan Maranata, Panti Asuhan Jehovah Jireh, Panti Asuhan Bakti Muvaridun, Panti Asuhan Al-Ilham dan juga penyerahan sumbangan untuk bantuan Peduli Korban Banjir.

Perayaan Natal Agung Oikoumene Gereja- Gereja, TNI, Polri dan ASN Provinsi Riau tahun 2019 berlangsung dengan penuh sukacita dan dalam suasana aman,  damai serta bersahabat. (**)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Wakili Danlanud Rsn, Kabintal Hadiri HAB Kementrian Agama RI
Danlanud Rsn, Kontingen PDBI Riau Siap Berkompetisi di Piala Presiden
Danlanud Minta Penyegelan Lahan Terbakar Tak Hanya Kewenangan Polisi
Pagi Ini, Sertijab Danlanud TNI AU RSN Pekanbaru Digelar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad