Home  / Puspen TNI
Rumah Tahan Gempa Dan Puting Beliung Karya Zidam I BB
Rabu, 13 November 2019 | 12:24:38
istimewa
DELI SERDANG - Badai Angin puting beliung yang kerap terjadi di wilayah Kodam I Bukit Barisan telah menginspirasi Kodam I Bukit Barisan untuk membuat rumah tahan terjangan angin kencang dan puting beliung dengan nama Rumah Mantap (Rumah Masyarakat  Anti Angin Puting Beliung). Pembangunan prototype rumah ini semula atas permintaan dari Bupati Deli Serdang.

"Rumah Mantap di Desa Seipis-pis ini dirancang atas perintah Pangdam I Bukit Barisan kepada Zidam I BB untuk mitigasi bencana angin puting beliung," ujar Waka Zidam I BB Letkol Czi Cosmas Manukallo, Selasa, (12/11/2019).

Dijelaskan Letkol Cosmas, Kazidam Kolonel Czi Tri Raharjo segera memerintahkan Wakazidam untuk melaksanakan perintah Panglima tersebut. Dan pihaknya segera memilih anggota tim yang terdiri dari Mayor Czi Edward Rindang Samuel, Honorer Fonco, ST dan Mitra Sipil Kodam I BB Bapak Adi Wijaya

"Akhirnya prototipe yang telah dapat masukan dari Pangdam I BB Mayjen TNI MS Fadillah, Kasdam Brigjen TNI Untung Budiarto, Aslog Kol Czi Irfan Afandi dan Kazidam tersebut dapat direalisasikan oleh satgas TMMD 106 di Kabupaten Serdang Bedagai," tutur Wakazidam Letkol Czi Cosmas, inisiator prototype Rumah Mantap.

Dijelaskan Letkol Cosmas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak membangun Rumah Mantap, dimana seluruh struktur harus saling mengikat terutama bagian atap. bentuknya yang unik karena  oktagon dan aerodinamis bertujuan agar dapat mengalirkan kekuatan angin sehingga berkurang daya rusaknya. Tapi inti yang paling utama terletak dicara membangun rumah yang benar dan aman.

"Pembangunan prototipe ukuran 43 meter persegi ini hanya membutuhkan waktu 28 hari, karena dikerjakan bergotong-royong antara Satgas TMMD 106 Kodim Deli Serdang yang dipimpin Dandim 0204/DS Letkol kav Syamsul Arifin, masyarakat setempat, Zidam serta bantuan tukang ahli dari Bapak Adi," ujar Wakazidam.

Sambil membangun prototipe rumah yang dirancang tahan gempa ini, tim Zidam I BB juga memberikan contoh bagaimana membangun rumah yang aman sesuai ketentuan Kementrian PUPR, sesuai perintah Pangdam 1 BB  Mayjen TNI MS Fadillah cara membangun rumah yang benar dan aman, ke masyarakat sebagai mitigasi bencana angin puting beliung. Prototype ini sendiri masih akan terus dikembangkan dan disempurnakan.(*)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Maknai Hari Juang TNI AD, Prajurit TNI Ikut Gotong Royong Bangun Rumah Warga di Kampung Sipias
Pemkab Pelalawan Siap Jadi Tuan Rumah MTQ 2020
1 Tahanan Kabur Polsek Pangkalan Kerinci Masih Diburu Polisi, 8 Orang Sudah Dibekuk
Breaking News: KPK Geledah Rumah Seorang Pengusaha Ternama di Pekanbaru
Koramil 15/KK Kodim 0313/Kpr Rencanakan Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad