Home  / Puspen TNI
Inspirasi Sehat ala Persit di Wilayah Surabaya
Rabu, 3 Juli 2019 | 12:01:34
puspen tni
SURABAYA - Kanker serviks merupakan salah satu virus yang dinilai rentan menyerang para kaum hawa. Bahkan, beberapa faktor pun dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya tersebut.

Guna mengantisipasi serangan virus berbahaya tersebut, Persatuan Istri Prajurit di wilayah Surabaya, menggelar suatu kegiatan bertajuk Inspirasi Sehat yang dihadiri langsung oleh Istri Pangdam V/Brawijaya, Ny. Arie Wisnoe, PB. Rabu, 3 Juli 2019 pagi.

Dikatakan Ny. Arie Wisnoe, kanker serviks merupakan suatu penyakit yang mendapatkan pantauan serius bagi para wanita. Pasalnya, bahaya penyakit itu, mampu mengancam nyawa bagi para penderitanya.

"Penyakit itu sangat mengerikan, dan rentan menyerang wanita. Untuk itu, kita harus mampu merawat sekaligus menjaga kesehatan dan kebersihan diri," pintanya.

Senada, Ketua Persit KCK Koorcab Korem 084/BJ, Ny. Silvia Sudaryanto menyebut, beberapa ahli dokter mengungkapkan penyakit itu timbul diakibatkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik.

"Di Indonesia hanya 5 persen yang melakukan penapisan kanker leher rahim atau kanker serviks, sehingga 76,6 persen pasien ketika terdeteksi sudah memasuki Stadium Lanjut (IIIB ke atas, red), karena kanker serviks," ungkapnya.

Biasanya, kata Istri Danrem, pertama kali penyakit itu timbul para pasien tidak merasakan gejala apapun. Untuk itu, kata dia, sebelum virus itu merajalela, terdapat beberapa cara untuk menangkalnya, termasuk diantaranya melakukan tes Pap Smear.

"Bisa juga dengan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Di negara berkembang, penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim mampu mengurangi insiden terjadinya penyakit berbahaya itu," bebernya.

Ia berharap, dengan adanya acara Inspirasi Sehat yang dihadiri oleh Ny. Wisnoe, P. B, di Aula Makorem saat ini, mampu membuka wawasan para Persit lainnya untuk lebih mementingkan kesehatan dan kebersihan diri.

"Para Persit juga mendapat sosialisasi pembekalan langsung dari salah satu dokter yang di undang dalam acara ini," tandasnya.(puspentni)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ketua DPC Hanura Pelalawan Bantah Keras Sudah Deal Berkoalisi Dengan Salah Satu Partai Usung Balon di Pilkada
Tiga Anak Bupati Maju di Pilkada Pelalawan, Siapa Pilihan Hj Ratna Mainar Harris??
Banyak Masyarakat Miskin yang Tidak Mendapatkan PBI Jaminan Kesehatan, Ini Kata Gubri
Kuota Haji Pelalawan 2020 Sebanyak 363 JCH, Termuda 28 Tahun Tertua 82 Tahun
Ankas OPD Pemkab Pelalawan Rampung, Hari Ini Gaji ASN Cair

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad