Home  / Puspen TNI
Bakamla RI Gelar Perkara Tangkapan Kapal Tanker Di Teluk Jakarta
Selasa, 12 Februari 2019 | 14:15:21
Humas Bakamla RI
JAKARTA, riaueditor.com - Selasa (12/2/2019), Bakamla RI dan Baharkam Polri serta Pejabat Metrologi melakukan gelar perkara dan pengecekan barang bukti tindak pidana terhadap kapal tanker yang beberapa waktu lalu ditahan dengan dugaan melakukan transfer BBM Ilegal di Perairan Teluk Jakarta, Senin (11/2/2019).
 
Kapal tanker ST bersama kapal ikan diamankan pada Kamis (31/1) karena diduga telah melakukan transfer BBM Ilegal sekitar 41 ton dari rencana transfer 60 ton. Saat diamankan, kapal diperkirakan masih memiliki sisa muatan BBM sekitar 30 hingga 35 ton. Dari pemeriksaan yang dilakukan, kapal tanker diketahui tidak memiliki dokumen resmi jual beli BBM karena pembelian diduga bukan dari Pertamina, melainkan dari kapal-kapal nelayan.
 
Acara gelar perkara dan pengecekan barang bukti ini dilaksanakan untuk mengetahui proses terjadinya dugaan tindak pidana dan proses penangkapan kapal, sekaligus untuk mengecek kelengkapan kapal berupa dokumen dan kesesuaian muatan dengan Berita Acara yang telah diserahkan sebelumnya.
 
Selain penyidik dari Baharkam Polri, kegiatan gelar perkara dan pengecekan barang bukti juga dihadiri Tim Unit Penindakan Hukum (UPH) Bakamla yg diketuai Kolonel Bakamla Parhurian Lumban Gaol dan Pejabat Metrologi Jakarta Utara untuk melakukan pengecekan terhadap muatan BBM. Selesai gelar perkara, selanjutnya kapal beserta kru dan muatannya dikawal oleh penyidik Baharkam Polri dan disandarkan di Dermaga Polairud Tanjung Priok, Jakarta.(Bakamla)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bakamla RI Serahkan Proses Hukum 5 Kapal ke Polda Babel
Tim Opsus Bakamla RI Tangkap Satu Kapal Timah dan Empat Kapal BBM illegal
URCL SPKKL Kupang Bakamla dan Basarnas Evakuasi Kapal Nelayan
Cawak Kapal Patroli 80 Meter Bakamla Latihan Peran Kebakaran
KPK Tetapkan 4 Tersangka Korupsi Pengadaan 20 Kapal Bea Cukai

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad