Home  / Politik
Pantau Pilkada Serentak, Biro Pemerintahan Bentuk Desk Pilkada
Selasa, 28 Juli 2020 | 18:01:48
Foto : Ist
PEKANBARU - Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Riau H Sudarman menjelaskan, Pemerintah Provinsi Riau telah membentuk Desk Pilkada serentak.

"Terdapat 8 Kabupaten dan satu Kota di Riau melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2020 ini. Sembilan Daerah tersebut yakni Kota Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, Inhu, Kepulauan Meranti, Kuansing, Pelalawan, Rokan Hulu, Dan Rokan Hilir," ujarnya.

Sebagai bentuk fasilitasi dari pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau melalui Biro Pemerintahan telah membentuk Desk Pilkada.

"Hal ini sesuai dengan keputusan Gubernur Nomor 557 tanggal 12 Maret 2020 tentang pembentukan desk Pilkada dan wakil Kepala Daerah serentak tahun 2020," terangnya.

Dalam Desk Pilkada ini juga terdapat di dalamnya Polda Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau. 

"Untuk Desk Pilkada Provinsi Riau diketuai Oleh Sekda Provinsi Riau namun di dalamnya juga terdapat dari unsur Kepolisian Polda Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau," terangnya. 

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020 pelaksanaannya tetap mengikuti Protokol Kesehatan. 

"Tetap melaksanakan protokol kesehatan. Memastikan TPS memiliki fasilitas untuk cuci tangan, hand sanitizer, sarung tangan plastik bagi pemilih, tempat pembuangan sampah non medis, tabir pemisah, sterilisasi lokasi TPS dengan penyemprotan disinfektan, pemberlakuan physical distancing dan pemilih wajib melakukan pengukuran suhu tubuh dan cuci tangan yang disediakan," bebernya. 

Sementara itu anggaran untuk Pelaksanaan Pilkada serentak tercatat yang tertinggi Kabupaten Bengkalis senilai 40 Milyar dan Anggaran Pengawasan Bawaslu tertinggi senilai 10 Milyar juga Kabupaten Bengkalis. 

"Untuk anggaran KPU tertinggi kabupaten bengkalis 40 milyar. Telah terealisasi 17,9 milyar. sedangkan yang anggaran terendah anggaran KPU pada pilkada serentak tahun 2020 ini kabupaten Kepulauan Meranti 22,1 milyar dan telah terealisasi 8,7 milyar," katanya. 

Kemudian, anggaran Bawaslu tertinggi pada Pilkada Serentak yakni kabupaten bengkalis senilai 10 milyar Rupiah dan telah terealisasi 4 milyar Rupiah. sedangkan anggaran terendah  Bawaslu dalam pilkada serentak yakni Kota Dumai senilai 8,7 milyar dan telah terealisasi semuanya, terang H Sudarman.(MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Gerindra Bakal Usung Denny Indrayana di Pilkada Kalsel
Sejumlah Kader Nyatakan Mundur, Ini Tanggapan PDIP Sumut
KPU soal Alasan Tak Tunda Pilkada: Sudah Habis Rp1 Triliun
PNS yang Tak Mundur saat Maju Pilkada Akan Diberhentikan Tak Hormat
7 Rekor Aneh Liga Inggris Musim Ini

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter