Home  / Politik
Sakit Berkepanjangan, Fitra Riau Sarankan Noviwaldy Jusman Mundur
Senin, 11 Mei 2020 | 19:59:20
riaueditor
PEKANBARU, riaueditor.com - Organisasi riset dan advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau menyarankan agar politisi senior yang kini masih menjabat sebagai legislator di DPRD Riau, Noviwaldy Jusman untuk mengundurkan diri karena sering mengalami gangguan kesehatan. 

"Yang penting sebenarnya kesadaran dari yang bersangkutan. Bisa melakukan pengunduran diri karena sadar sudah tidak efektik dalam menjalankan tugas sebagai representasi rakyat," kata Koordinator Fitra Riau Triono Hadi kepada wartawan di Pekanbaru, Senin (11/5/2020).

Sejatinya, Triono mengatakan jika kondisi kesehatan tidak mengganggu seorang legislator kehilangan jabatan. Menurut dia, telah ada mekanisme di tubuh partai untuk menggantinya dengan skema pergantian antar waktu (PAW). 

Namun, dia kembali menyoroti jika Noviwaldy yang telah menjalani pengobatan hingga berbulan lamanya, alangkah baiknya partai mengambil kebijakan agar melakukan PAW. 

"Otoritas PAW ada di Partai, tentu dengan pertimbangan-pertimbangan dan kriteria umum maupun kriteria khusus partai. Ya, tentu partai akan mempertinbangkan, apakah penyakit yang diderita ada kemungkinan sembuh? Mekipun berbulan-bulan proses pengobatannya," ulasnya. 

"Jika tidak ada kemungkin sembuh normal sediakala, maka perlu untuk mempertinbangkan PAW," lanjut Triono. 

Noviwaldy merupakan anggota DPRD Riau dari fraksi Demokrat. Dia dikabarkan telah lama tidak menghadiri beragam agenda kegiatan di DPRD Riau karena sakit yang dideritanya. 

Rekan Noviwaldy dari fraksi yang sama Agung Nugroho menjelaskan bahwa memang saat ini seluruh anggota lebih banyak bekerja di rumah atau work from home sesuai anjuran pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Riau.

Namun, dia membantah jika Noviwaldy tak lagi aktif. Dia mengatakan jika Noviwaldy masih cukup aktif di fraksi Demokrat, hanya saja jarang saat mengikuti agenda kunjungan ke luar kota. 

"Aktif di fraksi tapi mungkin jarang ikut kunjungan keluar kota," jawab dia singkat. 

Selain didera gangguan kesehatan, Noviwaldy juga tengah diterpa kasus hukum yang kini tengah ditangani Satreskrim Polresta Pekanbaru.

Sementara itu, Noviwaldy saat dihubungi ponselnya tidak aktif. (**)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Meski Turun, NTP Riau Tertinggi di Sumatera
Gubri: Angka R0 Covid-19 Riau Menurun di bawah 1 Yaitu 0,88
6 Kabupaten/Kota di Riau Masih Terdapat Pasien Positif Covid-19
BKD Riau Kirim Pesan ke KASN Pertanyakan Hasil Seleksi PTP
Pemprov Riau Optimis Stadion Utama Riau Jadi Lokasi Piala Dunia U-20

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad