Home  / Politik
KPU Tunda 3 Tahapan Pilkada 2020 Gara-Gara Corona
Sabtu, 21 Maret 2020 | 20:34:55
Foto: Detikcom
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda 3 tahapan pelaksanaan Pilkada 2020. Penundaan itu untuk mencegah dan menekan angka penyebaran virus corona dari penyakit COVID-19.

"Menunda 3 tahapan penyelenggaraan pilkada," ujar Komisioner KPU Viryan Aziz, Sabtu (21/3/2020), dikutip dari detikNews.

Viryan menjelaskan, tiga tahapan yang ditunda itu ialah pelantikan panitia pemungutan suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan rekrutmen PPDP, serta pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

"(Ditunda) sampai waktu yang akan ditentukan kemudian dengan pertimbangan tersebut," lanjutnya.

Tetapi untuk pemungutan suara, belum diputuskan ditunda atau tidak. "Belum tentu, kita melihat perkembangan COVID-19," tukas Viryan.

Sebelumnya, Bawaslu akan membahas aturan kampanye di Pilkada 2020 yang disesuaikan dengan kondisi merebaknya virus Corona.

Kampanye biasanya dilakukan secara beramai-ramai secara terbuka, tetapi dalam kondisi pandemi corona diharuskan menghindari kontak fisik dengan masyarakat.

"Termasuk bagaimana mengatur mekanisme kampanye jika nanti situasinya tak seperti yang diharapkan, misalnya masa di mana penyebaran virus itu makin panjang," kata Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin di kantornya yang disiarkan di akun Facebook Rumah Pemilu, Rabu (18/3) lalu.

Hingga 21 Maret, Indonesia memiliki 450 kasus terinfeksi, dengan 38 kasus kematian, dengan 20 kasus berhasil disembuhkan.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Tunda Buka Sekolah Jelang New Normal Covid-19
KPU Lapor ke Bareskrim terkait Dugaan Kebocoran DPT
Wahyu Didakwa Terima Rp500 Juta dari Gubernur Papua Barat
Hacker Klaim Curi 200 Juta DPT, Data KPU Bocor?
2,3 Juta Data KPU Diduga Bocor, Dijual di Forum Hacker

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad